tv one

Selamat Datang di STAI Palabuhanratu

Minggu, 13 November 2011

PSIKOLOGI BELAJAR


SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Matakuliah                : Psikologi Belajar
Semester                     : 2 sks
Jurusan                      : Pendidikan Agama Islam
Dosen Pengampu      : Ade Thabrani, S.Ag, M.Pd
I.     Deskripsi Perkuliahan
Matakuliah ini mengkaji dan menganalisis berbagai teori belajar yang bersifat deskriptif dan upaya pembelajaran yang bersifat preskreptif dilandasi berbagai pendekatan. Pemanfaatan sumber belajar baik yang didesain maupun non desain untuk kepentingan pembelajaran. Berbagai contoh dan analisis praktek pembelajaran. Pemahaman karakteristik internal peserta didik, dan upaya pembelajaran yang didasarkan pada teori belajar, Analisis kasus praktek pembelajaran.
II.   Tujuan Perkuliahan
a. Kompetensi Umum
Setelah berakhirnya semester empat mahasiswa yang mengikuti perkuliahan ini akan mampu:

Menganalisis teori-teori belajar dan landasan filosofisnya, mengembangkan model pembelajaran yang berpijak pada berbagai pandangan tentang teori belajar, memanfaatkan sumber belajar dalam pembelajaran dan menganalisis kasus dalam pembelajaran.
b. Kompetensi Khusus
Setelah berakhirnya semester keempat mahasiswa yang mengikuti perkuliahan ini akan mampu:

1. Mengidentifikasi teori belajar yang bersumber dari teori: behvioristik, kognitif, kontruktivistik.
2. Mengidentifikasi pembelajaran yang berpijak pada teori behvioristik, kognitif, kontruktivistik.
3. Menjelaskan azas dan prinsip Belajar dan Pembelajaran
4..Memberikan contoh-contoh pembelajaran yang berpijak pada teori belajar behvioristik, kognitif, kontruktivistik.
5. Membandingkan antar teori belajar
6. Mengevaluasi praktek pembelajaran berdasarkan landasan teoritik dari teori belajar dan pembelajaran.
III. Kegiatan Perkuliahan
Matakuliah ini dibina oleh tim dosen yang akan datang secara bersamaan dan atau bergantian, metode yang digunakan yaitu:

a. Ceramah dan tanya jawab
b. Penugasan secara kelompok dan presntasi atas hasil penelusuran dan melakukan kajian, analisis serta evaluasi terhadap teori belajar.
d. Penugasan secara individual untuk penelusuran sumber-sumber teori belajar

IV. Evaluasi
Kreteria:
a. Kreteria evaluasi tugas kelompok dari aspek tingkat kejelasan hasil kajian, analisis dan evaluasi serta presentasi.
b. Kreteria hasil evaluasi tugas individu adalah dari aspek: relevansi
c. penelusuran sumber, kesimpulan dan komentar atas sumber yang ditelusuri.
d  Presentasi kelompok ditinjau dari: teknik penyajian, cara menanggapi saran, pertanyaan dan menyimpulkan.

Hasil Evaluasi:
Hasil evaluasi merupkan komulatif dari jumlah kehadiran (10%), penyelesaian tugas kelompok(15%), keaktifan (15%), tugas individual(20%), Ujian Tengah Semester (20%), dan Ujian Akhir Semester (20%).


V. Jabaran kegiatan Perkuliahan dalam Pertemuan (Kelas C)
Waktu
Pertemuan Ke-
Materi
Keterangan
05-03-08
1
   Libur

12-03-08
2
a. Kontrak belajar
b.bentuk kelompok
c. Pendahuluan Kecerdasan Intelektual, Emosiona,&Kreativitas)

Tim Dosen
19-03-08
3
a. Pengertian Belajar & Tahapan Dalam Belajar
b.Memory dan pengetahuan (perspektif Psi dan Agama)
c. Transfer Dalam Belajar

Tim Dosen
26-03-08
4
   Konsep Dasar Belajar
a. pengertian belajar
b.arti penting belajar, bagi perkembangan dan bagi kehidupan menusia

Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
Kelompok I
02-04-08
5
   Teori-teori Pokok Belajar
a. Teori Klasik
b.Teori Behavioristik
c. Teori Psi.Kognitif Kontemporer)

Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
Kelompok II
09-04-08
6
   Motivasi dan aktivitas dalam belajar
a. Pengertian
b.Kebutuhan
c. Teori tentang motivasi
d.            Piramida Hirarki Maslow

Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
Kelompok III
16-04-08
7
   Motivasi dan aktivitas dalam belajar
a. Fungsi Motivasi dalam Belajar
b.Bentuk-bentuk motivasi disekolah

Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
Kelompok IV
23-04-08
8
Ujian Tengah Semester


30-04-08
9
   Faktor-faktor yang mempengaruhi Belajar
a. Faktor internal dan eksternal siswa
b.Faktor pendekatan belajar

Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
Kelompok V
07-05-08
10
   Karakteristik Perubahan Hasil Belajar
a. Perubahan Intensional
b.Perubahan Positif dan Aktif
c. Perubahan Efektif dan Fungsional

Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
Kelompok VI
14-05-08
12
   Manifestasi Prilaku Belajar
a. Manifestasi Kebiasaan
b.Manifestasi Keterampilan
c. Manifestasi Pengamatan
d.            Manifestasi Berfikir Asosiatif dan Daya Ingat
e. Manifestasi Berfikir Rasional dan Kritis
f. Manifestasi Sikap
g.Manifestasi Inhibisi
h.Manifestasi Apresiasi
i.  Manifestasi Tingkah Laku Afektif

Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
Kelompok VII
21-05-08
13
   Pengajaran Remedial dalam Proses Belajar
a. Sisi Siswa dan Guru
b.Pengertian Remedial
c. Perbaikan Remedial dengan Pengajaran Biasa
d.            Pengajaran Remedial Teaching
e. Fungsi Remedial Teaching

Penelusuran Sumber, Presentasi Mhs
Kelompok VIII
28-05-08
14
   Tentatib

04-05-08
15
   Ujian Akhir Semester


DAFTAR RUJUKAN
1.      Abu Ahmadi & Widodo Supriyono. Tahun 2004. Psikologi Belajar. Penerbit Rineka Cipta. Cetakan Ke-2
2.      Muhibbin Syah. Tahun 1999.  Psikologi Belajar.  Penerbit Logos.  Cetakan Ke-2
3.      Muhibbin Syah. Tahun 1999.  Psikologi Pendidikan.  Penerbit Rosda Karya..  Cetakan Ke-4
4.      Suwandi Suryabrata.  Psikologi Pendidikan. Penerbit
5.      Whitherington. Tahun 1991. Psikologi Pendidikan..  Penerbit Rineka Cipta. Cetakan Ke-6
6.      M. Usman Najati.  Tahun 2001  Al-Qur’an dan Psikologi. Penerbit Aras.  Cetakan Ke-1
7.      M. Usman Najati.  Tahun 2005.  Psikologi Nabi.   Penerbit Pustaka Hidayah. Cetakan I.
8.      Sardiman AM.  Tahun….    Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.  Penerbit…..
9.      Thomas Helmy.  Tahun….  Pengantar Kepemahaman Aktivitas Kejiwaan Manusia.  Penerbit Gunung Pesagi


Palabuhanratu,  Maret 2008
Ketua Prodi PAI                                                           Dosen Mata Kuliah




Ade Ridwan Thabrani, M.Pd                                       Ade Ridwan Thabrani, M.Pd

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More