SILABUS
MATA KULIAH: DASAR-DASAR PENDIDIKAN
Dosen : Ade Ridwan Thabrani, M.Pd
Bobot : 2 SKS
Prodi : Pendidikan Agama Islam
Semester : II (DUA)
PENGANTAR
Pendidikan dimaknai beragam, perspektif-lah yang akan menentukan kemana terminologi pendidikan itu akan dinyatakan. Karenanya perlu pijakan yang kuat dan komprehensif untuk mengarahkan terminology pendidikan secara proporsional. Berbagai hal yang berkenaan dengan pendidikan akan berawal dari pemaknaan mendalam tentang manusia. Sebab manusia adalah sekaligus sebagai subjek dan objek dalam pendidikan. Pemaknaan yang tepat tentang manusia akan memberikan stimulan awal yang positif dalam membangun pijakan lainnya dalam pendidikan.
Selanjutnya, landasan pendidikan akan berkaitan dengan kontekstualisasi. Bahwa landasan konsepsional tentang pendidikan akan tergantung pada isu-isu yang berkaitan dengan term pendidikan pada saat itu pula. Karenanya, akan dibahas dalam pertemuan ini pendidikan yang berkaitan dengan pelbagai isu up to date, misalnya sisdiknas 20/2003. Hal ini ditujukan untuk memberi makna kontekstualisasi terminology pendidikan terhadap tuntutan zaman. Sehingga sejatinya pendidikan sebagai ruh dari peradaban manusia dapat tercapai.
SILABUS
- Manusia dan pendidikan
- Berbagai tinjauan tentang landasan pendidikan
- Hakekat, tujuan dan berbagai aliran dalam pendidikan
- Pendidikan formal, informal dan non formal
- Konsep dasar dan system pendidikan (pengertian, ciri, dan komponen system pendidikan)
- Konsep belajar dan teori belajar. (Keutamaan membangun komunikasi dalam proses belajar).
- Faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar
- Keberhasilan belajar dan berbagai upaya untuk memotivasi siswa dalam belajar
- Profesi guru dalam proses pendidikan transformatif
- Konsep mutu pendidikan dan berbagai upaya peningkatannya
- Life skill dan konsep pendidikan seumur hidup
- Berbagai permasalahan dalam dunia pendidikan
- Inovasi pendidikan
STANDAR PENILAIAN
1. Kehadiran dan keaktifan mahasiswa selama perkuliahan berlangsung. Bagi mahasiswa yang kehadirannya kurang dari 75 % tidak diperkenankan mengikuti Ujian Akhir Semester
2. Penyelesaian tugas-tugas, yang mencakup; tugas individual, terstruktur (makalah), dan tugas akhir.
3. Hasil Ujian Tengah Semester
4. Hasil Ujian Akhir Semester
REFERENSI
1. Al-Ghazali, Ihya Ulumuddin Juz III
2. Al-Attas. Nuquib, Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam, Bandung: Mizan, 2003.
3. Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam, cet ke-2, Jakarta: Logos, 2000.
4. Al-Kailani, Muhammad ‘Arsan, Tathawwur Maftium Nadhariyyah at-Tarbiyah al-Islamiyah, Madinah Munawarrah: Daar as-Salam, 1985.
5. Arikunto, Suharsimi. (1991). Pengelolaan Kelas Dan Siswa, Sebuah Pendekatan Evaluatif, Bandung, Remaja Rosdakarya.
6. Ahmad, Muhammad Abdul, Thuruqu Ta’lim at-Tarbiyah al-Islamiyyah, Kairo, Maktabah Nahdliali al-Misriyyali, 1981.
7. Afifudin, Administrasi Pendidikan, Insan Mandiri: Bandung, 2006.
8. _______, Sejarah Pendidikan Umum, Insan Mandiri: Bandung, 2007
9. Muhammad Nur Ibn Abd Hafidz, Manhaj at-Tarbiyah an-Nabawiyah li at-Thifli, Dar Ibn Katsri: Damaskus, 1993
10. Kuntowijoyo, Islam Sebagai Ilmu, Jakarta: Teraju, 2004.
11. Langgulung, Hasan, Asas-Asas Pendidikan Islam, al-Husna Dzikra: Jakarta, 2000.
12. _________, Manusia dan Pendidikan. Pustaka al-Husna: Jakarta, 1986.
13. Marimba, Ahmad D. (1987). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung, Al-Maa’rif
14. Nahlawi, Abdurrahman, Ushul at-Tarbiyah al-Islamiyah, Daar Fikri, Beirut, 1999
15. Said Ismail ‘Ali, Falsafah at-Tarbiyah ‘inda Ibnu Shina, Daar ats-Tsaqafah, 1984
16. Tafsir, Alimad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Rosda Karya, 1992.
17. ________, ed, Teori-teori Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah: Bandimg, 2001
18. _________,Metodologi Pengajaran Agama Islam, Rosda Karya: Bandung. 2007
19. Wagener, Frank C, The Organic Philosophy of Education, Greenwood Press,
20. Whitehead, The Aims of Education, The Mac Millan Company, 1929, Westport, Connnecticut, 1974 (reprinted)
- Uus Ruswandi dkk, Landasan Pendidikan, Insan Mandiri Press
- Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
- Undang undang No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
SATUAN ACARA PEMBELAJARAN (SAP)
Dosen : Ade Ridwan Thabrani, M.Pd
Bobot : 2 SKS
Prodi : Pendidikan Agama Islam
Semester : II (DUA)
No | Pert ke | Materi/Pokok Bahasan | Kompetensi Dasar | Indikator | Metode | Media | Teknik Evaluasi |
1 | I | Kontrak belajar | Kesemaan persepsi | Ceramah | |||
2 | II | Manusia dan pendidikan | - Memahami hakekat dan eksistensi manusia. - Mengetahui konsep dasar pendidikan. | - Menjelaskan hakekat dan eksistensi manusia. - Memaparkan konsep dasar pendidikan. | Ceramah Tanya Jawab | White board Hand out | Penilaian Proses dan hasil |
3 | III | Berbagai tinjauan tentang landasan pendidikan | - Memahami berbagai pendapat tentang landasan pendidikan. | - Menyebutkan beberapa pendapat tentang landasan pendidikan - Memaparkan perbedaan masing-masing perspektif. | Ceramah Tanya Jawab | White board Hand out | Penilaian Proses dan hasil |
4 | IV | Hakekat, tujuan dan berbagai aliran dalam pendidikan | - Mengetahui dengan jelas aliran-aliran dalam pendidikan. - Mengetahui hakekat dan tujuan masing-masing aliran pendidikan. | - Menyebutkan beberapa aliran dalam pendidikan - Memaparkan hakekat dan tujuan masing-masing aliran pendidikan. | Ceramah Tanya Jawab | White board Hand out | Penilaian Proses dan hasil |
5 | V | Pendidikan formal, informal dan non formal | Mengetahui konsep pendidikan formal, informal dan non formal. Mengetahui dan memahami bentuk-bentuk pendidikan formal, informal dan non formal. | Menjelaskan konsep pendidikan formal, informal dan non formal. - Menunjukkan karakteristik pendidikan formal, informal dan non formal. | Diskusi | White board Hand out | Penilaian Proses dan hasil |
6 | VI | Konsep dasar dan system pendidikan | Mengetahui dan memahami dasar-dasar pendidikan serta system pendidikan | - Menjelaskan dasar-dasar pendidikan dan system pendidikan. - | - Diskusi - Ceramah Tanya jawab | - White borad - OHP - Note Book | Penilaian Proses dan Hasil |
7 | VII | Konsep belajar dan teori belajar | - Mengetahui dan memahami konsep belajar dan teori belajar | Menjelaskan konsep belajar dan teori belajar | - Diskusi - Ceramah - Tanya Jawab | - White bord - Note book | Penilaian Proses dan Hasil |
8 | VIII | UTS | - | - | |||
9 | IX | Faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar | Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar | Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar | - Diskusi - Ceramah - Tanya Jawab | - White bord - Note book | Penilaian Proses dan Hasil |
10 | X | Keberhasilan belajar dan berbagai upaya memotivasi siswa | - Memahami indikator keberhasilan belajar. Mengetahui berbagai upaya memotivasi siswa. | - Menunjukkan indikator keberhasilan belajar. - Menjelaskan berbagai upaya memotivasi siswa. | - Diskusi - Ceramah - Tanya Jawab | - White bord - Note book | Penilaian Proses dan Hasil |
11 | XI | Profesi guru dalam proses pendidikan transformatif | Mengetahui dan memahami professionalisme guru. Memahami bentuk pendidikan transformatif | Memaparkan professionalisme guru. Menjelaskan pendidikan transformatif | Diskusi Ceramah Tanya Jawab | White board LCD | Penilaian Proses dan Hasil |
12 | XII | Konsep mutu pendidikan dan berbagai upaya peningkatannya | - Memahami konsep mutu pendidikan - Mengetahui berbagai upaya peningkatan mutu pendidikan | Menjelaskan konsep mutu pendidikan Memaparkan upaya peningkatan mutu pendidikan | - Diskusi - Ceramah - Tanya Jawab | - White bord Note book | Penilaian Proses dan Hasil |
13 | XIII | Life skill dan long life education | Memahami life skill dan long life education | - Menyebutkan konsep Life skill dan long life education | - Diskusi - Ceramah - Tanya Jawab | - White board - Note Book | Penilaian Proses dan Hasil |
14 | XIV | Berbagai permasalahan dalam dunia pendidikan | - Mengetahui berbagai permasalahan dalam dunia pendidikan | - Menjelaskan berbagai permasalahan dalam dunia pendidikan. | - Diskusi - Ceramah - Tanya Jawab | - White board - Note Book | Penilaian Proses dan Hasil |
15 | XV | Inovasi pendidikan | - Memahami konsep inovasi pendidikan | - Menjelaskan konsep inovasi pendidikan | - Diskusi - Ceramah - Tanya Jawab | - White board - Note Book | Penilaian Proses dan Hasil |
16 | XVI | UAS | - | - | - | - | - |
Palabuhanratu, Maret 2010
Mengetahui, Dosen Pengampu,
Ketua Jurusan PAI
Ade Ridwan Thabrani, M.Pd Ade Ridwan Thabrani, M.Pd
0 komentar:
Posting Komentar