tv one

Selamat Datang di STAI Palabuhanratu

Minggu, 13 November 2011

Konseling


SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Mata kuliah
:
Bimbingan Konseling
Kode Mata kuliah
:

SKS
:
2
Waktu Pertemuan
:
2 x pertemuan
Dosen
:
Hj. Siti Chodijah, M.Ag
Pertemuan ke
:
1 – 2
A.
Kompetensi yang Ingin Dicapai
:


1. Kompetensi
:
Pemahaman terhadap konsep dasar bimbingan konseling

2. Sub-Sub kompetensi
:
-
B.
Pokok Bahasan
:
Pemahaman terhadap konsep dasar bimbingan konseling
C.
Sub-sub Pokok Bahasan
:
Konsep dasar bimbingan konseling di SD
E.
Model Pembelajaran
:
Pembelajaran Kooperatif




D.
Kegiatan Belajar Mengajar
:


Tahap
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media dan Alat Bantu Pembelajaran
Pendahuluan
Membangkitkan minat mahasiswa
·      mengaktifkan skemata mahasiswa tentang pengertian bimbingan konseling
·      meminta mahasiswa memberi contoh bimbingan di SD
OHP, LCD
Penyajian
·    Memandu mahasiswa membentuk kelompok kecil
·    Meminta mahasiswa mencermati perbedaan antara bimbingan dan konseling, tujuan, fungsi, prinsip, asas dan kedudukan BK di SD
·    Meminta mahasiswa menginformasikan hasil diskusi kelompok
·    Bersama mahasiswa menyimpulkan hasil diskusi
·      masing-masing kelompok mencermati perbedaan antara bimbingan dan konseling.
·      dalam kelompok, mahasiswa diminta untuk mengkaji tujuan, fungsi, prinsip, asas dan kedudukan BK di SD.
·      Mahasiswa menyimpulkan hasil diskusi kelompok

Penutup
Tindak lanjut pertemuan pertama, penugasan di luar perkuliahan
Dilakukan penilaian dalam bentuk tes lisan
Mahasiswa diberi tugas melakukan observasi pelaksanaan BK di SD


F.
Asesmen



1. Prosedur/strategi/metode
:
Tes lisan

2. Bentuk alat asesmen
:
Soal





G.
Referensi
:

Erman, Amti, 1992. Bimbingan Konseling. Jakarta: Deppdikbud.
Nursalim, Moch dan Suradi, 2002. Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya: University Press.
Prayitno, dkk. 1994. Dasar-dasar Bimbingan Konseling. Jakarta: Depdikbud.
Kartadinata, Sunaryono, 1990. Bimbingan di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti, PGSD
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

Mata kuliah
:
Bimbingan Konseling
Kode Mata kuliah
:

SKS
:
2
Waktu Pertemuan
:
1 x pertemuan
Dosen
:
Hj. Siti Chodijah, M.Ag
Pertemuan ke
:
3
A.
Kompetensi yang Ingin Dicapai
:


1. Kompetensi
:
Pemahaman terhadap kebutuhan dan syarat pokok layanan BK di SD

2. Sub-Sub kompetensi
:
-
B.
Pokok Bahasan
:
Kebutuhan dan syarat pokok layanan BK di SD
C.
Sub-sub Pokok Bahasan
:
Kebutuhan layanan BK di SD
Syarat pokok layanan BK di SD
E.
Model Pembelajaran
:
Pembelajaran Kooperatif




D.
Kegiatan Belajar Mengajar
:


Tahap
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media dan Alat Bantu Pembelajaran
Pendahuluan
Melibatkan mahasiswa dalam pembelajaran (focus)
·         mengaktifkan skemata mahasiswa tentang pengertian identifikasi masalah
meminta mahasiswa menyebutkan 7  kesulitan pembentukan tujuan
OHP, LCD
Penyajian
·    Memandu mahasiswa membentuk kelompok kecil
·    Meminta mahasiswa mengkaji 7 kesulitan dalam merumuskan tujuan dan memperagakan inner circle
·    Meminta mahasiswa menginformasikan hasil kajian kelompok dihadapan semua kelompok.
·    Bersama mahasiswa menyimpulkan hasil identifikasi
·    mahasiswa membentuk 5 kelompok kecil
·    dalam kelompok, mahasiswa diminta untuk merumuskan 7 kesulitan dalam merumuskan tujuan  dan memperagakan strategi inner cirle
·    Melalui perwakilan kelompok secara bergantian mahasiswa menyampaikan 7 kesulitan dalam merumuskan tujuan.
·    Mahasiswa menyimpulkan hasil kajiannya

Penutup
Tindak lanjut pertemuan, berupa  penugasan di luar perkuliahan. Dilakukan penilaian dalam bentuk tes lisan
Mahasiswa mengerjakan tugas di luar perkuliahan secara individu
Mahasiswa menjawab pertanyaan dosen secara lisan


F.
Asesmen



1. Prosedur/strategi/metode
:
Tes tulis

2. Bentuk alat asesmen
:
Soal




G.
Referensi
:






G.
Referensi
:

Erman, Amti, 1992. Bimbingan Konseling. Jakarta: Deppdikbud.
Nursalim, Moch dan Suradi, 2002. Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya: University Press.
Prayitno, dkk. 1994. Dasar-dasar Bimbingan Konseling. Jakarta: Depdikbud.
Kartadinata, Sunaryono, 1990. Bimbingan di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti, PGSD
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Mata kuliah
:
Bimbingan Konseling
Kode Mata kuliah
:

SKS
:
2
Waktu Pertemuan
:
2 x pertemuan
Dosen
:
Hj. Siti Chodijah, M.Ag
Pertemuan ke
:
4 – 5
A.
Kompetensi yang Ingin Dicapai
:


1. Kompetensi
:
Pemahaman terhadap individu (siswa SD) dengan teknik tes dan non tes

2. Sub-Sub kompetensi
:
-
B.
Pokok Bahasan
:
Memahami Individu siswa SD
C.
Sub-sub Pokok Bahasan
:
Memahami individu siswa dengan teknik tes dan non tes
E.
Model Pembelajaran
:
Pembelajaran Kooperatif




D.
Kegiatan Belajar Mengajar
:


Tahap
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media dan Alat Bantu Pembelajaran
Pendahuluan
Membangkitkan minat mahasiswa
·      mengaktifkan skemata mahasiswa tentang pengertian bimbingan konseling
·      meminta mahasiswa memberi contoh bimbingan di SD
OHP, LCD
Penyajian
·    Memandu mahasiswa membentuk kelompok kecil
·    Meminta mahasiswa mencermati perbedaan antara bimbingan dan konseling, tujuan, fungsi, prinsip, asas dan kedudukan BK di SD
·    Meminta mahasiswa menginformasikan hasil diskusi kelompok
·    Bersama mahasiswa menyimpulkan hasil diskusi
·      masing-masing kelompok mencermati perbedaan antara bimbingan dan konseling.
·      dalam kelompok, mahasiswa diminta untuk mengkaji tujuan, fungsi, prinsip, asas dan kedudukan BK di SD.
·      Mahasiswa menyimpulkan hasil diskusi kelompok

Penutup
Tindak lanjut pertemuan pertama, penugasan di luar perkuliahan
Dilakukan penilaian dalam bentuk tes lisan
Mahasiswa diberi tugas melakukan observasi pelaksanaan BK di SD


F.
Asesmen



1. Prosedur/strategi/metode
:
Tes lisan

2. Bentuk alat asesmen
:
Soal





G.
Referensi
:

Erman, Amti, 1992. Bimbingan Konseling. Jakarta: Deppdikbud.
Nursalim, Moch dan Suradi, 2002. Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya: University Press.
Prayitno, dkk. 1994. Dasar-dasar Bimbingan Konseling. Jakarta: Depdikbud.
Kartadinata, Sunaryono, 1990. Bimbingan di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti, PGSD
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Mata kuliah
:
Bimbingan Konseling
Kode Mata kuliah
:

SKS
:
2
Waktu Pertemuan
:
2 x pertemuan
Dosen
:
Hj. Siti Chodijah, M.Ag
Pertemuan ke
:
6 – 7
A.
Kompetensi yang Ingin Dicapai
:


1. Kompetensi
:
Pemahaman terhadap bidang, jenis, dan layanan dan kegiatan pendukung BK di SD  

2. Sub-Sub kompetensi
:
-
B.
Pokok Bahasan
:
bidang, jenis, dan layanan dan kegiatan pendukung BK di SD
C.
Sub-sub Pokok Bahasan
:
bidang, jenis, dan layanan dan kegiatan pendukung BK di SD
E.
Model Pembelajaran
:
Pembelajaran Kooperatif




D.
Kegiatan Belajar Mengajar
:


Tahap
Kegiatan Dosen
Kegiatan Mahasiswa
Media dan Alat Bantu Pembelajaran
Pendahuluan
Membangkitkan minat mahasiswa
·      mengaktifkan skemata mahasiswa tentang pengertian bimbingan konseling
·      meminta mahasiswa memberi contoh bimbingan di SD
OHP, LCD
Penyajian
·    Memandu mahasiswa membentuk kelompok kecil
·    Meminta mahasiswa mencermati perbedaan antara bimbingan dan konseling, tujuan, fungsi, prinsip, asas dan kedudukan BK di SD
·    Meminta mahasiswa menginformasikan hasil diskusi kelompok
·    Bersama mahasiswa menyimpulkan hasil diskusi
·      masing-masing kelompok mencermati perbedaan antara bimbingan dan konseling.
·      dalam kelompok, mahasiswa diminta untuk mengkaji tujuan, fungsi, prinsip, asas dan kedudukan BK di SD.
·      Mahasiswa menyimpulkan hasil diskusi kelompok

Penutup
Tindak lanjut pertemuan pertama, penugasan di luar perkuliahan
Dilakukan penilaian dalam bentuk tes lisan
Mahasiswa diberi tugas melakukan observasi pelaksanaan BK di SD


F.
Asesmen



1. Prosedur/strategi/metode
:
Tes lisan

2. Bentuk alat asesmen
:
Soal





G.
Referensi
:

Erman, Amti, 1992. Bimbingan Konseling. Jakarta: Deppdikbud.
Nursalim, Moch dan Suradi, 2002. Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya: University Press.
Prayitno, dkk. 1994. Dasar-dasar Bimbingan Konseling. Jakarta: Depdikbud.
Kartadinata, Sunaryono, 1990. Bimbingan di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti, PGSD

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More