SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Mata kuliah | : | Bimbingan Konseling | |
Kode Mata kuliah | : | | |
SKS | : | 2 | |
Waktu Pertemuan | : | 2 x pertemuan | |
Dosen | : | Hj. Siti Chodijah, M.Ag | |
Pertemuan ke | : | 1 – 2 | |
A. | Kompetensi yang Ingin Dicapai | : | |
| 1. Kompetensi | : | Pemahaman terhadap konsep dasar bimbingan konseling |
| 2. Sub-Sub kompetensi | : | - |
B. | Pokok Bahasan | : | Pemahaman terhadap konsep dasar bimbingan konseling |
C. | Sub-sub Pokok Bahasan | : | Konsep dasar bimbingan konseling di SD |
E. | Model Pembelajaran | : | Pembelajaran Kooperatif |
| | | |
D. | Kegiatan Belajar Mengajar | : | |
Tahap | Kegiatan Dosen | Kegiatan Mahasiswa | Media dan Alat Bantu Pembelajaran |
Pendahuluan | Membangkitkan minat mahasiswa | · mengaktifkan skemata mahasiswa tentang pengertian bimbingan konseling · meminta mahasiswa memberi contoh bimbingan di SD | OHP, LCD |
Penyajian | · Memandu mahasiswa membentuk kelompok kecil · Meminta mahasiswa mencermati perbedaan antara bimbingan dan konseling, tujuan, fungsi, prinsip, asas dan kedudukan BK di SD · Meminta mahasiswa menginformasikan hasil diskusi kelompok · Bersama mahasiswa menyimpulkan hasil diskusi | · masing-masing kelompok mencermati perbedaan antara bimbingan dan konseling. · dalam kelompok, mahasiswa diminta untuk mengkaji tujuan, fungsi, prinsip, asas dan kedudukan BK di SD. · Mahasiswa menyimpulkan hasil diskusi kelompok | |
Penutup | Tindak lanjut pertemuan pertama, penugasan di luar perkuliahan Dilakukan penilaian dalam bentuk tes lisan | Mahasiswa diberi tugas melakukan observasi pelaksanaan BK di SD | |
F. | Asesmen | | |
| 1. Prosedur/strategi/metode | : | Tes lisan |
| 2. Bentuk alat asesmen | : | Soal |
| | | |
G. | Referensi | : | |
Erman, Amti, 1992. Bimbingan Konseling. Jakarta: Deppdikbud.
Nursalim, Moch dan Suradi, 2002. Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya: University Press.
Prayitno, dkk. 1994. Dasar-dasar Bimbingan Konseling. Jakarta: Depdikbud.
Kartadinata, Sunaryono, 1990. Bimbingan di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti, PGSD
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Mata kuliah | : | Bimbingan Konseling | |
Kode Mata kuliah | : | | |
SKS | : | 2 | |
Waktu Pertemuan | : | 1 x pertemuan | |
Dosen | : | Hj. Siti Chodijah, M.Ag | |
Pertemuan ke | : | 3 | |
A. | Kompetensi yang Ingin Dicapai | : | |
| 1. Kompetensi | : | Pemahaman terhadap kebutuhan dan syarat pokok layanan BK di SD |
| 2. Sub-Sub kompetensi | : | - |
B. | Pokok Bahasan | : | Kebutuhan dan syarat pokok layanan BK di SD |
C. | Sub-sub Pokok Bahasan | : | Kebutuhan layanan BK di SD Syarat pokok layanan BK di SD |
E. | Model Pembelajaran | : | Pembelajaran Kooperatif |
| | | |
D. | Kegiatan Belajar Mengajar | : | |
Tahap | Kegiatan Dosen | Kegiatan Mahasiswa | Media dan Alat Bantu Pembelajaran |
Pendahuluan | Melibatkan mahasiswa dalam pembelajaran (focus) | · mengaktifkan skemata mahasiswa tentang pengertian identifikasi masalah meminta mahasiswa menyebutkan 7 kesulitan pembentukan tujuan | OHP, LCD |
Penyajian | · Memandu mahasiswa membentuk kelompok kecil · Meminta mahasiswa mengkaji 7 kesulitan dalam merumuskan tujuan dan memperagakan inner circle · Meminta mahasiswa menginformasikan hasil kajian kelompok dihadapan semua kelompok. · Bersama mahasiswa menyimpulkan hasil identifikasi | · mahasiswa membentuk 5 kelompok kecil · dalam kelompok, mahasiswa diminta untuk merumuskan 7 kesulitan dalam merumuskan tujuan dan memperagakan strategi inner cirle · Melalui perwakilan kelompok secara bergantian mahasiswa menyampaikan 7 kesulitan dalam merumuskan tujuan. · Mahasiswa menyimpulkan hasil kajiannya | |
Penutup | Tindak lanjut pertemuan, berupa penugasan di luar perkuliahan. Dilakukan penilaian dalam bentuk tes lisan | Mahasiswa mengerjakan tugas di luar perkuliahan secara individu Mahasiswa menjawab pertanyaan dosen secara lisan | |
F. | Asesmen | | |
| 1. Prosedur/strategi/metode | : | Tes tulis |
| 2. Bentuk alat asesmen | : | Soal |
| | | |
G. | Referensi | : | |
| | | |
G. | Referensi | : | |
Erman, Amti, 1992. Bimbingan Konseling. Jakarta: Deppdikbud.
Nursalim, Moch dan Suradi, 2002. Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya: University Press.
Prayitno, dkk. 1994. Dasar-dasar Bimbingan Konseling. Jakarta: Depdikbud.
Kartadinata, Sunaryono, 1990. Bimbingan di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti, PGSD
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Mata kuliah | : | Bimbingan Konseling | |
Kode Mata kuliah | : | | |
SKS | : | 2 | |
Waktu Pertemuan | : | 2 x pertemuan | |
Dosen | : | Hj. Siti Chodijah, M.Ag | |
Pertemuan ke | : | 4 – 5 | |
A. | Kompetensi yang Ingin Dicapai | : | |
| 1. Kompetensi | : | Pemahaman terhadap individu (siswa SD) dengan teknik tes dan non tes |
| 2. Sub-Sub kompetensi | : | - |
B. | Pokok Bahasan | : | Memahami Individu siswa SD |
C. | Sub-sub Pokok Bahasan | : | Memahami individu siswa dengan teknik tes dan non tes |
E. | Model Pembelajaran | : | Pembelajaran Kooperatif |
| | | |
D. | Kegiatan Belajar Mengajar | : | |
Tahap | Kegiatan Dosen | Kegiatan Mahasiswa | Media dan Alat Bantu Pembelajaran |
Pendahuluan | Membangkitkan minat mahasiswa | · mengaktifkan skemata mahasiswa tentang pengertian bimbingan konseling · meminta mahasiswa memberi contoh bimbingan di SD | OHP, LCD |
Penyajian | · Memandu mahasiswa membentuk kelompok kecil · Meminta mahasiswa mencermati perbedaan antara bimbingan dan konseling, tujuan, fungsi, prinsip, asas dan kedudukan BK di SD · Meminta mahasiswa menginformasikan hasil diskusi kelompok · Bersama mahasiswa menyimpulkan hasil diskusi | · masing-masing kelompok mencermati perbedaan antara bimbingan dan konseling. · dalam kelompok, mahasiswa diminta untuk mengkaji tujuan, fungsi, prinsip, asas dan kedudukan BK di SD. · Mahasiswa menyimpulkan hasil diskusi kelompok | |
Penutup | Tindak lanjut pertemuan pertama, penugasan di luar perkuliahan Dilakukan penilaian dalam bentuk tes lisan | Mahasiswa diberi tugas melakukan observasi pelaksanaan BK di SD | |
F. | Asesmen | | |
| 1. Prosedur/strategi/metode | : | Tes lisan |
| 2. Bentuk alat asesmen | : | Soal |
| | | |
G. | Referensi | : | |
Erman, Amti, 1992. Bimbingan Konseling. Jakarta: Deppdikbud.
Nursalim, Moch dan Suradi, 2002. Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya: University Press.
Prayitno, dkk. 1994. Dasar-dasar Bimbingan Konseling. Jakarta: Depdikbud.
Kartadinata, Sunaryono, 1990. Bimbingan di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti, PGSD
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Mata kuliah | : | Bimbingan Konseling | |
Kode Mata kuliah | : | | |
SKS | : | 2 | |
Waktu Pertemuan | : | 2 x pertemuan | |
Dosen | : | Hj. Siti Chodijah, M.Ag | |
Pertemuan ke | : | 6 – 7 | |
A. | Kompetensi yang Ingin Dicapai | : | |
| 1. Kompetensi | : | Pemahaman terhadap bidang, jenis, dan layanan dan kegiatan pendukung BK di SD |
| 2. Sub-Sub kompetensi | : | - |
B. | Pokok Bahasan | : | bidang, jenis, dan layanan dan kegiatan pendukung BK di SD |
C. | Sub-sub Pokok Bahasan | : | bidang, jenis, dan layanan dan kegiatan pendukung BK di SD |
E. | Model Pembelajaran | : | Pembelajaran Kooperatif |
| | | |
D. | Kegiatan Belajar Mengajar | : | |
Tahap | Kegiatan Dosen | Kegiatan Mahasiswa | Media dan Alat Bantu Pembelajaran |
Pendahuluan | Membangkitkan minat mahasiswa | · mengaktifkan skemata mahasiswa tentang pengertian bimbingan konseling · meminta mahasiswa memberi contoh bimbingan di SD | OHP, LCD |
Penyajian | · Memandu mahasiswa membentuk kelompok kecil · Meminta mahasiswa mencermati perbedaan antara bimbingan dan konseling, tujuan, fungsi, prinsip, asas dan kedudukan BK di SD · Meminta mahasiswa menginformasikan hasil diskusi kelompok · Bersama mahasiswa menyimpulkan hasil diskusi | · masing-masing kelompok mencermati perbedaan antara bimbingan dan konseling. · dalam kelompok, mahasiswa diminta untuk mengkaji tujuan, fungsi, prinsip, asas dan kedudukan BK di SD. · Mahasiswa menyimpulkan hasil diskusi kelompok | |
Penutup | Tindak lanjut pertemuan pertama, penugasan di luar perkuliahan Dilakukan penilaian dalam bentuk tes lisan | Mahasiswa diberi tugas melakukan observasi pelaksanaan BK di SD | |
F. | Asesmen | | |
| 1. Prosedur/strategi/metode | : | Tes lisan |
| 2. Bentuk alat asesmen | : | Soal |
| | | |
G. | Referensi | : | |
Erman, Amti, 1992. Bimbingan Konseling. Jakarta: Deppdikbud.
Nursalim, Moch dan Suradi, 2002. Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya: University Press.
Prayitno, dkk. 1994. Dasar-dasar Bimbingan Konseling. Jakarta: Depdikbud.
Kartadinata, Sunaryono, 1990. Bimbingan di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti, PGSD
0 komentar:
Posting Komentar