SATUAN ACARA PERKULIAH (SAP)
Mata Kuliah : Microteaching
Program Studi : PAI
Kode Mata Kuliah : MKK
Jumlah SKS : 2
Semester : 5 (Lima)
Dosen : H. Herri Azhari, M.Ag
Deskripsi Mata Kuliah:
Mata kuliah Micro Teaching merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa program studi Tarbiyah FAI dan sebagai syarat PPL. Micro Teaching adalah mata kuliah yang harus dilatihkan dalam kelas secara sederhana, beberapa kali agar mahasiswa terampil mengajar dalam kelompok kecil, diharapkan bila telah dianggap layak (standar), pada pembelajaran pada kelas besar dapat teratasi. Ketrampilan dan sikap sesuai dengan kompetensi guru yang telah di tentukan dalam Permindiknas No 16 tahun 2007. Dalam pengajaran kompetensi dapat di aplikasikan dalam real teaching. Sehingga mahasiswa dapat memiliki empat kompetensi yang disyaratkan bagi guru bisa dicapai yaitu keompetnsi Paedagie kompetensi professional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial.
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat mendesain terampil mengajar dalam bentuk sederhana (Micro)
Kompetensi Dasar | Indikator | Pengalaman Pembelajaran | Materi | Waktu | Penilaian |
1. Memahami kebijakan dan tahapan micro teaching secara konseptual | Setelah pembelajaran mahasiswa dapat: * Mengurutkan tahapan –tahapan konseptual Micro Teaching | · Mengkaji konsep-konsep Micro Teaching | · Model Tahapan dan kebijakan Micro Teaching | 1 x 90 | Essay |
2. Memahami model-model ketrampilan mengajar | 2. Mendeskripsikan beberapa ketrampilan (13 model ketrampilan) | 1. Mengkaji:model-model ketrampilan mengajar 2. Mengkaji ketrampilan - Membuka - Penjajakan / Appersepsi 3. Berlatih dan mempraktekkan ketrampilan - Menyanjikan - Variasi Stimulasi -Partisipasi Siswa 4. Berlatih Berkomunikasi dengan penggunaan verbal non verbal - Mengaktifkan siswa bertanya dalam pretes, dialog/ proses postes 5-Berlatih Menggunakan Media Alat Peraga - Menutup pelajaran - Memberikan komentar / feed back dari observer | 1. Model model ketrampilan mengajar 2. Ketrampilan - Membuka - Penjajakan /Appersepsi 1. Ketrampilan mengajar mengeleskan 2. Variasi stimulasi dalam partisipasi /interaksi 1. Ketrampilan verbal non verbal 2. Apresiasi /merayakan.memotivasi 1. Penggunaan / mendayagunakan media, alat peraga, metode yang tepat 2. Menutup pelajaran 3. Bahasa observasi/feedback | 1 x 90 1 x 90 1 x 90 1 x 90 | Essay Essay Essay Essay |
3. Mendesain Silabi, RPP dan mempratekkan | Membuat konsep silabi, RPP dalam persiapan Micro Teaching | 1. Mempraktekan mendesain mengajar Micro Teaching I (silabi RPP) 2. Praktek M T II 3. Praktek M T III 4. Praktek M T IV 5. Praktek M T V 6. Praktek M T VI 7. Praktek M T VII 8. Praktek M T VIII 9. Praktek M T IX | 1. Silabi, RPP, Micro Teaching 2.Observer/menjadi 3.Praktekan 4. Praktekan 5. Praktekan 6. Praktekan 7. Praktekan 8. Praktekan 9. Praktekan | 1 x 90 1 x 90 1 x 90 1 x 90 1 x 90 1 x 90 1 x 90 1 x 90 1 x 90 | 1. Porto Folio Performence |
0 komentar:
Posting Komentar