tv one

Selamat Datang di STAI Palabuhanratu

Minggu, 13 November 2011

PEMBELAJARAN BERBASIS ICT


SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)



A.    PENGANTAR IDENTITAS
Nama Matakuliah             : Pembelajaran Berbasis ICT
Jurusan                              : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Bobot                                : 2 SKS
Semester                           : IV (empat)
Dosen                                : Asep Saprudin, S.Kom

B.     DESKRIPSI DAN URGENSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah aplikatif yang melatih skill mahasiswa dalam menggunakan tekhnologi informasi dan komunikasi berbasis komputer dan multmedia dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam .
Mata kuliah ini juga memiliki urgensi yang sangat penting bagi mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam karena di samping mereka memiliki seperangkat keilmuan yang mendukung untuk menjadi guru Pendidikan Agama Islam yang profesional juga memiliki skill dalam menggunakan komputer dan multimedia dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas sehingga pembelajarannya menjadi menarik dan efektif serta tidak menjadi guru yang gagap tekhnologi.
  

C. KOMPETENSI MATA KULIAH
NO
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR KOMPETENSI
1
Mahasiswa menguasai undang-undang dan peraturan yang berhubungan dengan penggunaan ICT
1.      Dapat menyebutkan undang-undang yang berhubungan dengan ICT
2.      Dapat menjelaskan tentang undang-undang yang berhubungan dengan ICT
2
Mahasiswa menguasai konsep komputer literasi

1.      Dapat menjelaskan  definisi komputer literasi
2.      Dapat menyebutkan macam-macam komputer Literasi
3.      Dapat merumuskan kekurangan dan kelebihan komputer literasi

3
Mahasiswa terampil dalam menggunakan komputer literasi dalam pembelajaran bahasa Arab
1.      Mahasiswa dapat membuat aplikasi komputer literasi dalam pembelajaran Agama Islam
2.      Mahasiswa dapat menggunakan aplikasi komputer literasi dalam pembelajaran Agama Islam

4
Mahasiswa dapat memahami konsep dan menggunakan internet sebagai sumber belajar

1.      Dapat mengetahui konsep dan mengaplikasikan internet melalui pengenalan browser
2.      Dapat mengetahui konsep dan mengaplikasikan Search Engine
3.      Dapat mengetahui konsep dan mengaplikasikan Email (Elektronik Mail)
4.      Dapat mengetahui konsep dan mengaplikasikan Chatting dengan skype
5.      Dapat mengetahui konsep dan mengaplikasikan Facebook
6.      Dapat mengetahui konsep dan mengaplikasikan Blog
7.      Dapat mengetahui konsep dan mengaplikasikan e-book
5
Mahasiswa dapat menggunakan internet sebagai sarana komunikasi ilmiah

1.      Dapat menjelaskan pengertian e-learning
2.      Mengupload bahan pembelajaran dalam e-learning
3.      menggunakan pembelajaran berbasis e-learning


D.  MATERI DAN TIME LINE
Pertemuan
Hari, Tanggal
Materi Perkuliahan
1

Kontrak Belajar
2

1.      Undang-Undang ITE
2.      Undang-undang Anti Pornografi
3

1.      Definisi komputer literasi
2.      Macam-macam komputer literasi
3.      Kekurangan dan kelebihan komputer literasi
4

1. Search Engine
2. Email
5

1.      Chatting Skype
2. Facebook
6

Microsoft Word (Latin & Arabic) 1
7

Microsoft Word (Latin & Arabic) 1
8

Ujian Tengah Semester
9

Microsoft Powerpoint (Latin & Arabic)1
10

Microsoft Powerpoint (Latin & Arabic)2
11

Microsoft Exel 1
12

Microsoft Exel 2
13

1. Blog
2. E-book
14

E-learning
15

Ujian Akhir Semester



E. EVALUASI
1.   Bentuk Evaluasi
Evaluasi hasil perkuliahan meliputi beberapa komponen, diantaranya adalah:
·         Tugas Terstruktur Bobot 40 %
·         Ujian Tengah Semester Bobot 20 %
·         Ujian Akhir Semester Bobot 40 % 



  1. Instrumen Evaluasi
a.    Tugas Terstruktur                    : Tugas terstruktur setiap selesai materi ICT dengan mengirimkannya via email
b.    Ujian Tengah Semester  : Tes Praktikum
Kerjakan soal UTS ICT sesuai dengan langkah-langkah berikut !
1.    Bukalah e-mail anda !
2.    Bukalah web site www.google.com / searching engine lainnya kemudian carilah data di web site tersebut tentang :
a. Undang-undang ITE
3.    Copy data tersebut ke Program MS. Word minimal menjadi 3 halaman
4.    Kemudian simpanlah data tersebut di program MS. Word dengan format sebagai berikut :
a.    ukuran kertas A4 dengan orientasi portrait dengan 2 (dua) sheet dalam satu halaman dengan ukuran margin atas : 1,5 cm, kiri: 2 cm, kanan : 1,5 cm, bawah : 1,5 cm
b.   rubahlah font data tersebut dengan font latin : Tahoma, ukuran 11 dengan spasi 1,5 dan font arab : Traditional Arabic, ukuran 16 dengan spasi 1.
c.    editlah teks anda dengan format, Judul Makalah (di tengah) : Tebal, Nama Penulis (di tengah) : ditulis miring, Sub Judul : ditulis Tebal dan Miring, data makalah : font normal.
d.   Simpan data tersebut dengan format : NAMA ANDA-UTS ICT WORD-PAI

c.         Ujian Akhir Semester : Tes Praktikum
Kerjakan soal UAS ICT sesuai dengan langkah-langkah berikut !
1.    Bukalah web site www.google.com / searching engine lainnya
2.    Carilah data di web site tersebut minimal 5 referensi web site internet tentang :
a.    Pembelajaran PAI Berbasis Internetا
3.    Copy data tersebut ke Program MS. Word minimal menjadi 3 halaman
4.    Kemudian simpanlah data tersebut di program MS. Word dengan format sebagai berikut :
e.    ukuran kertas A4 dengan orientasi portrait dengan ukuran margin atas : 3 cm, kiri: 2,5 cm, kanan : 3 cm, bawah : 2,5 cm
f.    rubahlah font data tersebut dengan font latin : Tahoma, ukuran 11 dengan spasi 1,5 dan font arab : Traditional Arabic, ukuran 16 dengan spasi 1.
g.   editlah teks anda dengan format, Judul Makalah (di tengah) : Tebal, Nama Penulis (di tengah) : ditulis miring, Sub Judul : ditulis Tebal dan Miring, data makalah : font normal.
h.   Simpan data tersebut dengan format : NAMA ANDA-UAS ICT WORD
5. Setelah selesai dengan MS.Word lalu bukalah program MS. Power Point
6. Kemudian hal-hal penting dalam data anda tersebut dijadikan slide presentasi dengan program MS. Power Point latin/arab dengan setting yang semenarik mungkin.
7. Lalu Simpan file anda dengan format : NAMA ANDA-UAS ICT PPT-PAI
8. Setelah selesai semua, lalu kirimlah 2 file tersebut ke e-mail : staipalabuhanratu@gmail.com
9. Dan pada isi email tulis nama dan alamat blog anda !





F. LITERATUR
Daryanto. 2003. Memahami kerja internet.bandung: Yradarma Widya
Daryanto. 2006. Pengetahuan Dasar Ilmu Komputer. Bandung: Yradarma Widya
Deddy Nurzaman; Tutorial Microsoft Word , Kuliah Umum IlmuKomputer.Com
E book, microsoft office ultimate 2007 product guide.doc september 2006
Encharta ensclopedia microsoft corporation
Fatimatur Rusydiyah, Evi. 2008. Media dan teknologi pembelajaran; Teori Dan Peraktek Dalam Pendidkan Agama Islam, Surabaya. Dakwah Press 
http://office.microsoft.com.
Jogiyanto. H. M. 1995. Pengenalan Komputer. Yogyakarta: Andi offset
lecturer.ukdw.ac.id/yuan/wp.../modul-microsoft-word-2007-i1.doc
Modul Microsoft Exel 2003 – Ilmu Komunikasi FKOM UMS Genap 2007/2008
Murtiyasa.budi. Blog. Budimurtiyas weblog
Oetomo, Budi Sutedjo, 2003, E-ducation; Konsep Dan Apliksi Internet Pendidikan, Andi Offset Yogykarta
Onno W. Purbo, Antonius Aditya Hartanto, 2002, Teknologi e-Learning, Jakarta, Elek Media Komputendo.
Pratama, Bagus. 2004. mIRc 6 Yahoo massenger 6.0 icq. Palembang: Maxicom
Putra, Roy Cahandra.2009. blok dan facebook; .Yogyakarta:Cosmic Book
Sistem Informasi UKDW 2005 - Tutorial Microsoft PowerPoint
Supriansah, Haris. 2008. Buku Pintar Surfing Internet. Bandung: Oase Media
Sutiyadi. Muhammad.2003. Pengenalan Internet: www. Ilmu komputer.com
Ulum, Koirul, 2009, e Learning Iain Sunan Ampel Surabaya, Tim Puskom IAIN Sunan Ampel Surabaya

                                                                                    Palabuhanratu,  Maret 2010
Mengetahui,                                                                       Dosen Pengampu,
 Ketua Jurusan PAI




Ade Ridwan Thabrani, M.Pd                                         Asep Saprudin, S.Kom

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More