tv one

Selamat Datang di STAI Palabuhanratu

Minggu, 13 November 2011

STATISTIK PENDIDIKAN


SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
SEMESTER GANJIL 2011


Prodi/jurusan
:
S-1/PAI (Reguler/Ekstention)
Mata Kuliah
:
Statistik Pendidikan
SKS
Jumlah jam kuliah seminggu
Waktu pertemuan
:
:
:
VII (tujuh)
1 kali
90 menit
Dosen Pengampuh
:
:
Drs. Rahmat Sumiadi

Diskripsi mata kuliah



































Standar Kompetensi 
: 
:


:









































:

Mata kuliah ini adalah mata kuliah bidang keahlihan berkarya yang memuat kajian teori praktis tentang konsep-konsep dan penerapan statistik pendidikan secara holistik. Kegiatan ini dilaksanakan dengan strategi yang bervariasi, seperti interactive lecturing, resitasi, diskusi kelompok kecil dan kelompok besar, peer teaching, dan mentoring.
Mata kuliah ini lebih berorientasi kepada proses yang juga akan menghasilkan produk. Mahasiswa akan terlibat aktif dalam penerapan-penerapan teori, yang pada gilirannya akan menghasilkan karya atau result. Dalam aktivitas perkuliahan ini, ada sejumlah tugas yang akan dilaksanakan mahasiswa terutama terkait dengan penerapan-penerapan teori. Pertama, setiap mahasiswa diminta untuk menerapkan satu mata kuliah atau mata pelajaran sebagai obyek penerapan keseluruhan teori. Kedua, seluruh mahasiswa akan mencoba menerapkan teori-teori itu ke dalam pembuatan laporan/proposal/makalah yang berkaitan dengan analisis penelitian.
Ditinjau dari sisi konsep integrasi-interkoneksi kurikulum STAI Daruttaqwa Gresik, mata kuliah ini mengembangkan beberapa poin. Pertama, dari sisi filosofis yaitu integrasi nilai holistik dengan aplikasi. Kedua, dari sisi metodologis yaitu interkoneksi ilmu-ilmu prosudur penelitian, Evaluasi pembelajaran, dan metode pembelajaran. Ketiga, dari sisi strategi yaitu untuk mencapai kompetensi, mata kuliah ini menggunakan strategi senergis, yaitu tugas-tugas yang menekankan pada produk, seperti desain pembelajaran dan laporan jurnal individual, dan tugas-tugas yang menekankan pada proses, seperti keaktifan dalam diskusi grup kecil/besar dengan berbagai strategi. Sejumlah strategi saling bersinergi untuk memperkuat pencapaian kompetensi.
Pada akhir workshop ini, seluruh mahasiswa diharapkan telah memiliki pengalaman dalam membuat laporan hasil penelitian. Dengan tugas ini, mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan menjadi bagian dari skripsi


Bersikap teliti dan cermat serta trampil dalam menggunakan statistik sebagai alat analisis penelitian pendidikan.

Kompetensi Dasar
:
1.        Memiliki konsep dasar tentang istilah-istilah dalam statistik pendidikan.
2.        Memiliki konsep menyajikan data dalam laporan penelitian yang bersifat diskreptif.
3.        Mampu memahami konsep ukuran sentral.
4.        Memahami konsep ukuran simpangan.
5.        Memahami konsep teknik analisis product moment.
6.        Memahami konsep teknik analisis koefesien kontingensi.
7.        Memahami konsep teknik analisis yule’s Q.
8.        Memahami konsep teknik analisis biserial.
9.        Memahami konsep teknik analisis rank order.
10.    Memahami konsep teknis analisis tes “t”.
11.    Memahami konsep teknik analisis Chi square.
12.    Memahami konsep teknik analisis regresi linier sederhana.
13.    Memahami konsep analisis regresi linier ganda.






Indikator
:
























1.         Menjelaskan konsep data kuantitatif, kualitatif, populasi dan sampel
2.         Membaca sajian data dalam bentuk diagram garis dan diagram batang
3.         Mengidentifikasi nilai suatu data yang ditampilkan pada tabel dan diagram
4.         Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta penafsirannya
5.         Menafsirkan data data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran dan ogiv
6.         Menjelaskan konsep mean, median dan mode
7.        Menjelaskan konsep range, varians, dan standar diviasi
8.          Menjelaskan konsep teknik analisis product moment.
9.        Menjelaskan konsep teknik analisis koefesien kontingensi.
10.    Menjelaskan konsep teknik analisis yule’s Q
11.    Menjelaskan konsep teknik analisis biserial
12.      Menjelaskan konsep teknik analisis rank order.
13.    Menjelaskan konsep teknis analisis tes “t”.
14.    Menjelaskan konsep teknik analisis Chi square.
15.    Menjelaskan konsep teknik analisis regresi linier sederhana.
16.    Menjelaskan  konsep analisis regresi linier ganda.



Strategi Pembelajaran            :   Untuk mencapai kompetensi, mata kuliah ini menggunakan dua strategi. Pertama, tugas-tugas yang menekankan pada aspek produk studi, yaitu (a) tugas individu dan tugas kelompok dan (b) laporan proposal/makalah penerapan statistik pendidikan. Kedua, tugas-tugas yang menekankan pada aspek proses, yaitu keaktifan dalam diskusi dengan berbagai strategi dan tugas-tugas mingguan formatif (weekly) 

Tahapan Aktivitas:

Persiapan (15 menit)
  1. Menjelaskan kepada mahasiswa tentang pelaksanaan mata kuliah statistik pendidikan sesuai dengan pertemuan dan membagi materi sesuai dengan banyaknya kelompok
  2. Menjelaskan bahwa disetiap akhir pertemuan ada tugas yang harus dikerjakan oleh mahasiswa dalam rangka mempertajam konsep-konsep dasar.

Pelaksanaan/Penyajian (75 menit)
             1.     Menngkondisikan mahasiswa untuk bekerja dalam kelompok terdiri dari 3-5 orang
             2.     Menjelaskan tugas yang harus dilakukan oleh tiap kelompok
             3.     Memberikan materi dalam bentuk modul  untuk didiskusikan peserta didik dalam kelompoknya  masing-masing
             4.     Beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok lain diberi kesempatan untuk mengkritisi.
             5.     Memberi penegasan hasil diskusi/validasi jawaban
             6.     Kelompok yang bekerja dengan baik mendapat penghargaan dari dosen

Penutup (30 menit)
             1.     Bersama mahasiswa membuat kesimpulan/rangkuman
             2.     Memberikan tes individu
             3.     Memberikan tugas berupa latihan soal.


Evaluasi proses dan produk belajar:
  1. Keaktifan dalam kelas                                    20 %
  2. Ujian pertengahan semester                20 %
  3. Ujian akhir semester                            20 %
  4. Tugas individu dan kelompok                        10 %
  5. Proposal (analisis hasil penelitian)       30 %  
Jumlah                                                 100 %

Deskripsi tugas-tugas:
1.      Keaktifitasan kelas: anda diharapkan terlibat aktif memberikan konstribusi pemikiran, baik berupa pertanyaan maupun komentar, dalam suasana bebas resiko (free riks environment).
2.      Ujian pertengahan semester adalah ujian pertengahan pertama untuk materi yang hanya digunakan dari perkuliahan awal sampai pertengahan semester.
3.      Ujian akhir semester adalah ujian akhir untuk pertengahan kedua perkuliaan.
4.      Tugas individu dan kelompok: Anda membedah dua (2) soal tentang statistik pendidikan yang telah dimuat dalam sebuah materi SAP/teaching plan.
5.      Proposal (analisis hasil penelitian): Anda membuat satu proposal/makalah analisis hasil penelitian sesuai petunjuk dosen. Tugas ini kemungkinan dapat Anda kembangkan menjadi bagian dari skripsi

Saran-saran:
1.      Jangan segan-segan melakukan kontak didalam kelas atau dikampus mengenai hal-hal yang tidak atau kurang jelas.
2.      Biasakanlah bekerja dengan rencana terjadwal; sangat tidak arif menunda-nunda sebuah pekerjaan, apalagi pekerjaan yang memerlukan perenungan dan refleksi.
3.      Buatlah rencana belajar atau studi anda untuk satu semester ini diatas selembar kertas manila.
4.      Butir 1, 2, dan 3 sangat membantu anda untuk tidak mengalami kesulitan di belakang dan tidak membuat anda stres.
5.      Selamat bekerja keras! Do you best ! bekejalah sesuai dengan kemampuan anda. Kurang arif jika anda bermimpi seperti orang lain. 



Buku Teks:

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, S. 2004. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bugin. 2001.  Metodologi Penelitian Sosial Format-Format Kuantitatif dan Kualitatif.  Surabaya:  Airlangga University Press.

Sudjana. 2001.  Metode Statistika.  Bandung: Tarsito.
------------. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:  Alfabeta.

Sunarto.  2001.  Metodologi Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Pendidikan. Surabaya:  Unesa.
Sujianto, A.E. 2009. Aplikasi Statistik dengan SPSS 16.0.  Tulungagung: Prestasi Pustaka.
Riduwan, 2009. Skala Pengukuran Variable-Variable Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

------------. 2009. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung:  Alfabeta.

Riduwan dan Sunarto, 2009. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi dan Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.

                                                                                                           
                                                                                                           


                                                                                                            Palabuhanratu,  Oktober  2011
            Ketua Prodi                                                                             Dosen Pengampuh,





            Ade Ridwan Thabrani, M.Pd                                                 Drs. Rahmat Sumiadi

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More