tv one

Selamat Datang di STAI Palabuhanratu

Minggu, 13 November 2011

FILSAFAT PENDIDKAN ISLAM


SILABUS MATA KULIAH

Program Studi                       : Pendidikan Agama Islam
Kode Mata Kuliah                :
Nama Mata Kuliah               : Filsafat Pendidikan Islam
Jumlah SKS                           : Dua
Semester                                 : III
Mata Kuliah Prasyarat         : Filsafat Pendidikan
Deskripsi Mata Kuliah         :
Paradigma pendidikan telah berubah dari pendidikan yang berpusat pada guru ke pendidikan yang berpusat pada siswa. Siswa sebagai pusat pendidikan, bagaimanapun, adalah manusia juga. Cara pandang terhadap hakekat manusia akan menentukan arah ke mana siswa dibantu dan difasilitasi dalam proses pembelajaran dan pendidikan. Arah  tersebut tidak lain adalah tujuan umum pendidikan yang menjadi salah satu tugas dari Filsafat Pendidikan Islam untuk mengkajinya. Karena itu, calon guru Pendidikan Agama Islam perlu dibantu memperoleh bekal-bekal dasar menurut perspektif Islam yang terkait dengan tujuan umum pendidikan dan hakekat pendidikan yang menjadi basisnya melalui mata kuliah Filsafat Pendidikan Islam. Mata kuliah ini bersama mata kuliah Pendidikan Islam berperan membantu mahasiswa memiliki salah satu kompetensi utama lulusan program studi Pendidikan Agama Islam, yaitu memiliki pengetahuan tentang teori Pendidikan Islam. Teori Pendidikan Islam yang disumbangkan mata kuliah ini lebih terfokus pada kajian tentang hakekat pendidikan dan tujuan umum pendidikan, termasuk kajian-kajian prasyaratnya, yaitu hakekat manusia, hakekat masyarakat, hakekat alam, hakekat pengetahuan, dan fungsi nilai.
Standar Kompetensi
Mahasiswa dapat mendeskripsikan dan menganalisis hakekat pendidikan dan tujuan umum pendidikan yang sesuai dengan nilai-nilai dan ajaran-ajaran Islam yang dideduksi, baik langsung dari sumbernya, Al-Qur’an dan Sunnah, maupun tidak langsung dari pemikiran para filosuf (pendidikan) Muslim, dan relevan dengan problem dan tantangan kontemporer yang dihadapi umat Islam dan kemanusiaan global, untuk keefektifan pemilikan pengetahuan tentang teori dan metodologi dalam pendidikan Islam.








Kompetensi Dasar
Indikator
Pengalaman Belajar
Materi Ajar
Waktu
Alat/Bahan/ Sumber Belajar
Penilaian
1
2
3
4
5
6
7
Memahami kedudukan Filsafat Pendidikan Islam (FPI) dalam sistem pendidikan, baik mikro maupun makro.
Menjelaskan kedudukan FPI dalam sistem pendidikan Islam/nasional (skala makro)
Menjelaskan kedudukan (matkul) FPI dalam sistem pendidikan FAI/kurikulum progdi PAI (skala mikro)
1.     Mengkaji konsep sistem
2.     Mendiskusikan sistem pendidikan dengan pendekatan masukan-proses-keluaran
3.     Mendiskusikan kedudukan FPI dalam SPI/N
4.     Mengkaji tujuan institusional progdi PAI
5.     Mendiskusikan kedudukan matkul FPI dalam kuriku-lum progdi PAI
1.     Konsep sistem
2.     Konsep sistem pendidikan (pendekatan masukan-proses-keluaran)
3.     Posisi FPI dalam Sistem Pendidikan Islam/Nasional
4.     Kurikulum progdi PAI FAI UMS: mengenal tujuan institusional
5.     Kompetensi Guru
6.     Posisi FPI dalam kurikulum progdi PAI FAI UMS
200’
LCD, Laptop, OHP;
Toto Suharto, Filsafat Pendi-dikan Islam, 2006: 36-39, 45-49;
UU No. 14 Thn 2005 tentang Guru & Dosen;
SK Dirjen Binbaga Islam Depag No. Dj.II/114/2005;
Buku Pedoman FAI;

Kontribusi diskusi dan tes esai
Memahami Filsafat Pendidikan Islam (FPI) sebagai disiplin ilmu.
1.      Menyebutkan objek-objek studi FPI
2.      Menyebutkan metode-metode untuk mengkaji dan mengem-bangkan FPI
3.      Menyebutkan jenis-jenis FPI sebagai implikasi penerapan metode
1.   Mengidentifikasikan objek studi FPI
2.   Mengkaji metode-metode yang lazim digunakan dalam mengkaji dan mengembangkan FPI
3.   Mengkaji jenis-jenis FPI sebagai implikasi penerapan metode
1.    Objek studi FPI: hakekat pendidikan dan tujuan umum pendidikan
2.    Metode mengkaji dan mengembang-kan FPI
3.    Jenis-jenis FPI
100’
LCD, Laptop, OHP;
Zuhairini, dkk., Filsafat Pendi-dikan Islam, 1995: 10-16;
Toto Suharto, Filsafat Pendi-dikan Islam, 2006: 45-49, 53-62.
Kontribusi diskusi dan tes esai
Memahami masalah-masalah dasar prasyarat dalam perspektif Islam: hakekat manusia, hakekat masyarakat, hakekat alam, hakekat pengetahuan dan fungsi nilai.
1.      Menjelaskan hubungan masalah-masalah dasar prasyarat dengan objek studi FPI
2.      Merumuskan hakekat manusia dalam perspektif Islam
3.      Merumuskan hakekat masyarakat dalam perspektif Islam
4.      Merumuskan hakekat alam dalam perspektif Islam
5.      Merumuskan hakekat pengetahuan dalam perspektif Islam
6.      Merumuskan fungsi nilai dalam perspektif Islam
1.      Mengidentifikasikan masalah-masalah dasar sebagai prasyarat merumuskan hakekat dan tujuan umum pendidikan berikut alasannya
2.      Membuat, mempresentasikan, dan mendiskusikan makalah kelompok tentang hakekat manusia, hakekat masyarakat, hakekat alam, hakekat pengetahuan, dan fungsi nilai dalam perspektif Islam
1.    Masalah-masalah dasar sebagai prasyarat bagi kajian objek FPI berikut alasannya
2.    Hakekat manusia dalam perspektif Islam
3.    Hakekat masyarakat dalam perspektif Islam
4.    Hakekat alam dalam perspektif Islam
5.    Hakekat pengetahuan dalam perspektif Islam
6.    Fungsi nilai dalam perspektif Islam
300’
LCD, Laptop, OHP;
Zuhairini, dkk., Filsafat Pendi-dikan Islam, 1995: 71-91;
Toto Suharto, Filsafat Pendi-dikan Islam, 2006: 83-108;
Musa Asy`arie, Manusia Pembentuk Kebudayaan dalam Alquran, 1992: 55-91;
Murtaza Mutah-heri, A., Man and Universe, 1990; 49-67, 215-263,  267-286;
Quraish Shihab, M., Wawasan Al-Quran,1996: 277-295, 319-329;
M.A. Fattah Santoso,  “Pe-ngembangan Studi Islam dalam Dimensi Filosofis dan Konsep Keil-muan”, dalam Studi Islam Asia Tenggara,1999: 259-275.
Makalah (materi & pengua-saan), kontribusi diskusi (bagi non-pemaka-lah), dan tes esai
Mengembangkan rumusan hakekat pendidikan dalam perspektif Islam
Membuat rumusan tentang hakekat pendidikan dalam perspektif Islam secara analisis konsep
Membuat, mempresentasikan, dan mendiskusikan makalah kelompok tentang hakekat pendidikan dalam perspektif Islam
Hakekat pendidikan dalam perspektif Islam
100’
LCD, Laptop, OHP;
S.M. al-Naquib al-Attas (ed.), Aims and Objectives of Islamic Educa-tion, 1979, 157-160.
Toto Suharto, Filsafat Pendidikan Islam, 2006: 109-111.
Makalah (materi & pengua-saan), kontribusi diskusi (bagi non-pemaka-lah), dan tes esai
Mengembangkan rumusan tujuan umum pendidikan dalam perspektif Islam
Membuat rumusan tentang tujuan umum pendidikan dalam perspektif Islam sebagai implikasi sintesis dari masalah-masalah dasar prasyarat
Membuat, mempresentasikan, dan mendiskusikan makalah kelompok tentang tujuan umum pendidik-an dalam perspektif Islam sebagai implikasi sintesis dari masalah-masalah dasar prasyarat
Tujuan umum pendidikan dalam perspektif Islam
100’
LCD, Laptop, OHP;
S.M. al-Naquib al-Attas (ed.), Aims and Objectives of Islamic Educa-tion, 1979, 157-160.
Toto Suharto, Filsafat Pendidikan Islam, 2006: 112-117.
Makalah (materi & pengua-saan), kontribusi diskusi (bagi non-pemaka-lah), dan tes esai
Membandingkan pandangan aliran-aliran filsafat Islam tentang hakekat dan tujuan umum pendidikan, dan mencari relevansinya dengan problema kontemporer.
1.     Menjelaskan inti pemikiran pendidikan aliran Peripatetik (Ibnu Sina) dan relevansinya dengan problema kontemporer.
2.     Menjelaskan inti pemikiran pendidikan aliran Hermetik Phytagorean (Ikhwanush Shafa) dan relevansinya dengan problema kontemporer.
3.     Menjelaskan inti pemikiran pendidikan aliran Iluminasionis (Suhrawardi) dan relevansinya dengan problema kontemporer.
4.     Menjelaskan inti pemikiran pendidikan aliran Teosofi Transendental (Mulla Sadra) dan relevansinya dengan problema kontemporer.
5.     Menjelaskan inti pemikiran pendidikan aliran Filsafat Sejarah (Ibnu Khaldun) dan relevansinya dengan problema kontemporer
1.     Membuat, mempresentasikan, dan mendiskusikan, makalah kelompok tentang pemikiran pendidikan aliran Peripatetik (Ibnu Sina), Hermetik Phytagorean (Ikhwanush Shafa), Iluminasionis (Suhrawardi), Teosofi Transendental (Mulla Sadra), dan Filsafat Sejarah (Ibnu Khaldun) dan relevansinya dengan problema kontemporer.
2.     Menemukan persamaan dan perbedaan pemikiran pendidikan antara aliran Peripatetik (Ibnu Sina), Hermetik Phytagorean (Ikhwanush Shafa), Iluminasionis (Suhrawardi), Teosofi Transendental (Mulla Sadra), dan Filsafat Sejarah (Ibnu Khaldun)

1.      Pemikiran pendidikan aliran Peripatetik (Ibnu Sina) dan relevansinya dengan problema kontemporer
2.      Pemikiran pendidikan aliran Hermetik Phytagorean (Ikhwanush Shafa) dan relevansinya dengan problema kontemporer
3.      Pemikiran pendidikan aliran Iluminasionis (Suhrawardi) dan relevansinya dengan problema kontemporer
4.      Pemikiran pendidikan aliran Teosofi Transendental (Mulla Sadra) dan relevansinya dengan problema kontemporer
5.      Pemikiran pendidikan aliran Filsafat Sejarah (Ibnu Khaldun)dan relevansinya dengan problema kontemporer
500’
LCD, Laptop, OHP;
S.H. Nasr, Traditional Islam in the Modern World, 1987: 147-163;
M. `Athiyah al-Abrasyi, al-Tarbiyah al-Islâmiyyah wa Falâsifatuhâ, t.t.: 216-241, 280-306;
Taufik Abdul-lah, dkk. (ed.), Ensiklopedi Tematis Dunia Islam 4: Pemi-kiran dan Pera-daban, 2002: 177-211, 213-235;
Toto Suharto, Filsafat Pendi-dikan Islam, 2006: 218-249.

Makalah (materi & pengua-saan), kontribusi diskusi (bagi non-pemaka-lah), dan tes esai
Membandingkan pandangan filosof-filosof Muslim kontemporer tentang hakekat dan tujuan umum pendidikan
1.      Menjelaskan inti pemikiran pendi-dikan M. Iqbal
2.      Menjelaskan inti pemikiran pendi-dikan Ismail R. Al-Faruqi
3.      Menjelaskan inti pemikiran pendi-dikan M. Naquib al-Attas
1.     Membuat, mempresentasikan, dan mendiskusikan, makalah kelompok tentang pemikiran pendidikan kontemporer dari M. Iqbal, Ismail R. Al-Faruqi, dan M. Naquib al-Attas
2.     Menemukan persa-maan dan perbedaan pemikiran pendidik-an antara M. Iqbal, Ismail R. Al-Faruqi, dan M. Naquib al-Attas
1.      Pemikiran pendidikan kontemporer M. Iqbal
2.      Pemikiran pendidikan kontemporer Ismail R. Al-Faruqi
3.      Pemikiran pendidikan kontemporer M. Naquib al-Attas
300’
LCD, Laptop, OHP;
M. Iqbal, The Reconstruction of Religious Thought in Is-lam, 1981: 95-123;
S.M. al-Naquib al-Attas (ed.), Aims and Ob-jectives of Isla-mic Education, 1979: 1-47;
Wan Mohd Nor, Filsafat dan Praktik Pendi-dikan Islam Syed M. Naquib al-Attas, 2003: 112-202;
Ismail R. al- Faruqi, Islamisasi Pengetahuan, 1987: 15-46.
Toto Suharto, Filsafat Pendi-dikan Islam, 2006: 278-293;
Makalah (materi & pengua-saan), kontribusi diskusi (bagi non-pemaka-lah), dan tes esai



Palabuhanratu, Oktober  2010
Mengetahui: 
Ketua Prodi PAI,                                                                                                                                                                                Dosen Mata Kuliah,





Ade Ridwan Tabrani, M.Pd                                                                                                                                                               Ade Ridwan Tabrani, M.Pd
















0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More