SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM PALABUHANRATU
PROGRAM STUDI : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SILABUS MATAKULIAH
1. Identitas Matakuliah
Nama Matakuliah : Sejarah Pendidikan Islam
Kode Matakuliah : 010-011326
Semester : II
Fakultas/Jurusan : Agama Islam/Pendidikan Agama Islam
Matakuliah Prasyarat :
Jumlah SKS : 2/2
Jumlah JS Kuliah Teori : 2/2
Jumlah JS Kuliah Praktik : -
Dosen Pengampu : Usman Faqih, S.Ag
2. Deskripsi Matakuliah
Matakuliah ini dirancang untuk memberikan kemampuan metodologi dan wawasan tentang sejarah pendidikan Islam. Kemampuan metodologi sangat dibutuhkan terutama untuk kajian-kajian sejarah pendidikan Islam baik dalam arti kelembagaan maupun aktivitas kependidikannya. Wawasan tentang sejarah pendidikan Islam merupakan bekal penting bagi calon sarjana pendidikan Islam terutama untuk memahami tahap-tahap perkembangan pendidikan Islam.
Pendidikan Islam sekarang sebagai suatu kesinambungan sejarah masa lalu masih terus akan bergerak ke depan hingga menemukan bentuk yang ideal. Berbagai bentuk pendidikan Islam yang ada sekarang mungkin sesuai untuk kebutuhan sekarang, tapi mungkin keberadaannya diterima dengan terpaksa oleh masyarakat Islam karena belum ditemukan bentuk yang diharapkan. Pengetahuan sejarah mempunyai arti penting di sini terutama untuk turut membantu mengarahkan perubahan bentuk pendidikan Islam ke depan yang sesuai harapan masyarakat Islam.
3. Standar Kompetensi
Memahami sejarah pendidikan Islam serta memiliki wawasan dan kemampuan metodologi dalam merekonstruksi sejarah pendidikan Islam.
4. Matrik Pembelajaran
NO | KOMPETENSI DASAR | INDIKATOR | MATERI POKOK | KEGIATAN BELAJAR | EVALUASI | MEDIA | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR |
1 | Memahami silabus SPI, tugas serta hak dan kewajiban | Dapat menjelaskan materi pokok silabus, serta hak dan kewajiban | Orientasi Kuliah: Penjelasan tentang materi SPI, tugas-tugas terstruktur serta hak dan kewajiban mahasiswa | Dosen menjelaskan, mhs menyimak dilanjutkan dengan dialog untuk mengkritisi silabus. | Post test Lisan | Alat tulis Multi media | 1x100 | Silabus Matakuliah SPI |
2 | Memahami definisi dan metoddologi sejarah pendidikan Islam | 1. Menyebutkan definisi sejarah dan Pendidikan Islam 2. Menyebutkan perbedaan sejarah dan ilmu sosial lainnya 3. Menerapkan pendekatan analitis kritis dalam kajian sejarah pendidikan islam | Pengantar Ilmu Sejarah Pendidikan Islam 1. Definisi Pendidikan Islam 2. Metodologi Sejarah Pendidikan Islam | Dosen memberikan ceramah, mhs menyimak dan dilanjutkan dengan dialog | Post test Lisan | Alat tulis Multi media | 1x100 | Khozin hal. 1-10 Kuntowijoyo, hal - |
3 | Memahami islamisasi dan terbentuknya institusi-institusi Islam | 1. Menjelaskan proses Islamisasi di Indonesia 2. Menjelaskan perkembangan institusi Islam dari masa ke masa | 1. Proses Islamisasi 2. lahirnya institusi-institusi pendidikan Islam | Mhs ditugaskan untuk membaca teks, mendiskusikan dlm kelompok2 kecil, setelah diskusi dosen menyampaikan catatan | Post test Lisan | Alat tulis Multi media | 1x100 | Khozin hal. 23-43 Ahmad mansur S hal. 73-108 |
4 | Mengetahui asal usul dan perkembangan kelembagaan pesantren | 1. Menjelaskan asal-usul pesantren. 2. Menjelaskan perkembangan kelembagaan pesantren | 1. Asal usul pesantren 2. perkembangan kelembagaan pesantren di Indonesia | Mhs ditugaskan untuk membaca teks, mendiskusikan dlm kelompok2 kecil, setelah diskusi dosen menyampaikan catatan | Post test Lisan | Alat tulis Multi media | 1x100 | Khozin Hal. 63-71, Martin Van Bruinessen hal. 17-40 |
5 | Memahami sistem pendidikan Pesantren | 1. Menjelaskan sistem pendidikan di pesantren 2. menjelaskan model pembelajaran di pesantren 3. Menjelaskan tradisi pesantren | 1. Sistem pendidikan di pesantren 2. Proses pembelajaran di pesantren 3. Tradisi pesantren | Mhs ditugaskan presentasi, mhs lain menyimak, dilanjutkan dialog pada akhir kuliah dosen menyampaikan catatan | Post test Lisan | Alat tulis Multi media | 1x100 | Zamakhysari, 1986 Khozin hal. 63-71 |
6 | Mengetahui perkembangan madrasah di Indonesia | 1. Menjelaskan sejarah kemunculan dan perkembangan madrasah 2. Menjelaskan model-model madrasah di Indonesia | 1. Sejarah munculnya madrasah 2. Perkembangan madrasah dari masa ke masa 3. sSitem pendidikan di madrasah | Dosen menyampaikan ceramah, mhs menyimak dilanjutkan dialog. | Post test Lisan | Alat tulis Multi media | 1x100 | Khozin hal. 75-84, Marwan Saridjo hal. 99-174 |
7 | Memahami perkembangan pelaksanaan PAI di sekolah umum | 1. Menjelaskan perkembangan Pendidikan Agama Islam di sekolah . 2. Menjelaskan problem-problem Pelaksanaan PAI di sekolah. | 1. Pengertian PAI di Sekolah umum 2. Landasan yuridis pelaksanaan PAI 3. Masalah dan kendala pelaksanaan PAI di sekolah umum | Menelaah teks dan dilanjukan diskusi kelompok pada bagian akhir masing2 klmp diwakili seorang mhs untuk menjelaskan hsl diskusinya. | Post test Lisan | Alat tulis Multi media | 1x100 | Khozin, 147-154 Marwan Saridjo hal. 21-95 |
8 | Memahami perkembangan pelaksanaan PAI di sekolah umum terutama dari aspek kurikulumnya. | Menjelaskan kurikulum PAI di sekolah umum dari waktu-ke-waktu | Kurikulum PAI di Sekolah Umum | Menelaah teks dan dilanjukan diskusi kelompok pada bagian akhir masing2 klmp diwakili seorang mhs untuk menjelaskan hsl diskusinya. | Post test Lisan | Alat tulis Multi media | 1x100 | Khozin, 147-154 Marwan Saridjo hal. 21-95 |
9 | Memahami peran kyai dan guru agama modern dalam system pendidikan di Indonesia | 1. Menjelaskan peran kyai sbg guru agama sebelum dan sesudah kemerdekaan. 2. Menjelaskan peran guru agama di era modern. | 1. Jalur Pendidikan dalam system pendidikan Nasional 2. Peran kyai dan guru agama modern dalam jalur pendidikan formal dan non- formal (luar sekolah) | Mhs menelaah teks, menyampaikan tanggapan dan dosen mere dan meCeramah, Diskusi | Post test Lisan | Alat tulis Multi media | 1x100 | Khozin hal. 87-99 Saifuddin Zuhri |
10 | Mengetahui Kontribusi Muhammadiyah dalam Pengembangan Pendidikan Islam | 1. Menjelaskan asal munculnya system pendidikan Muhammadiyah, 2. Menjelaskan kontribusi Muhammadiyah di bidang pendidikan | 1. Sistem pendidikan dan lembaga pendidikan Muhamamdiyah 2. Amal usaha muhammadiyah di bidang pendidikan | Mhs menelaah teks, dosen ceramah dilanjutkan dengan dialog | Post test Lisan | Alat tulis Multi media | 1x100 | Khozin hal. 103-119 Amir Hamzah, 1966 |
11 | Memahami Kontribusi Muhammadiyah dalam pengembangan Pesantren | 1. Menjelaskan asal-usul pesantren Muhammadiyah 2. Menjelaskan perkembangan pesantren Muhammadiyah | 1. Asal-usul pesantren Muhammadiyah 3. Perkembangan Pesantren Muhammadiyah | Mhs menelaah teks, dosen ceramah dilanjutkan dengan dialog | Post test Lisan | Alat tulis Multi media | 1x100 | Khozin, 2005 |
12 | Memahami NU sebagai lembaga keagamaan dan Pelestarian Tradisi Pesantren |
| 1. Nahdhatul Ulama sebagai organisasi keagamaan 2. Tradisi kepesantrenan di lingkungan NU 3. Pelestarian System pendidikan pesantren yang dilakukan NU | Dosen mengajukan pertanyaan, mhs menelaah teks, diskusi kelompok kecil, presentasi wakil kelompok dan dosen memberikan catatan | Post test Lisan | Alat tulis Multi media | 1x100 | Khozin hal. 137-143 Zamakhysari |
13 | Memahami perkembangan Pendidikan Tinggi Islam di Indonesia | Menjelaskan perubahan pendidikan tinggi Islam menjadi universitas | 1. Lembaga pendidikan tinggi Islam di Indonesia 2. Perkembangan masyarakat dan Perubahan pendidikan tinggi Islam | Dosen mengajukan pertanyaan, mhs menelaah teks, diskusi kelompok kecil, presentasi wakil kelompok dan dosen menyampaikan catatan. | Post test Lisan | Alat tulis Multi media | 1x100 | Hasan Asari hal. 231-251 Khozin, 2006 |
14 | Memahami prospek masa depan pendidikan Islam di Indonesia | Menjelaskan prospek pendidikan Islam di Indonesi di masa datang | Prospek masa depan pendidikan Islam di Indonesia | Penulisan paper sebagi tugas akhir mk spi | Post test Lisan | Alat tulis Multi media | 1x100 | Rahim, 2001 |
5. Sistem Penilaian
Penilaian dimaksudkan untuk mengetahui seberapa tingkat pencapaian kompetensi mahasiswa. Penilaian dilakukan dalam bentuk
penugasan, Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
6. Bahan Bacaan
Bacaan Wajib
- Karel A. Steenbrink. 1986. Pesantren, Madrasah, Sekolah; Pendidikan Islam dalam Kurun Modern. Jakarta: LP3ES
- Khozin. 2006. Jejak-jejak Pendidikan Islam; Rekonstruksi Sejarah untuk Aksi. Malang: UMMPress
Bacaan Penunjang
1. Azyumardi Azra. Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepualuan Nusantara Abad XVII dan XVIII
2. Charles Michael Stanton. Perguruan Tinggi Islam
3. Zamakhsyari Dhofier. 1986. Tradisi Pesantren; Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES
4. Deliar Noer. Gerakan Modern Islam di ndonesia 1900-1942.
5. George Makdisi. The Rise of Colleges Institution of Learning in Islam and the West.
6. Hamid Hasan Bilgrami, The Consept of Islamic University.
7. Hasan Asari. Menyingkap Zaman Keemasan Islam; Kajian atas Lembaga-Lembaga Pendidikan
Islam.
8. Hanum Asrohah. Sejarah Pendidikan Islam.
9. Hasbullah. Sejarah Pendidikan Ialam.
10. Khozin. 2005. Menggugat Penddikan Muhammadiyah. Malang. UMMPress
11. Louis Gottschalk. Mengerti Sejarah: Pengantar Metode Sejarah
12. Maksum.1999. Madrasah; Sejarah dan Perkembangannya. Bandung: Logos
13. Martin Van Bruinessen. 1995. Kitab Kuning Pesantren dan Tarikat. Bandung: Mizan.
14. M. Saerozi. 2004. Politik Pendidikan Agama dalam Era Pluralisme. Jogyakarta: Tiara Wacana.
Mengetahui ; Palabuhanratu, Agustus 2010
Ketua Prodi PAI, Dosen MK. SPI
Ade Ridwan Tabrani, M.Pd Usman Faqih, S.Ag
0 komentar:
Posting Komentar