SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Mata Kuliah : Metodologi Penelitian Tindakan Kelas
Kode : ------
Semester : VI
SKS : 3 sks
Standar Kompetensi:
Mahasiswa mampu merancang penelitian secara teori dan praktek dalam penelitian Tindakan kelas
Kompetensi Dasar:
Memahami teori dan teknik rancangan penelitian Kelas yang berhubungan dengan pemilihan dan formulasi masalah, membuat hipotesis, merancang penelitian, mengumpulkan data dengan menggunakan instrument, menganalisan data dan menginterpretasi hasil penelitian serta membuat laporan penelitian.
Indikator:
· Mampu mendata bentuk-bentuk penelitian dari berbagai sumber.
· Mampu mengidentifikasi wilayah penelitian Kelas
· Mampu merumuskan masalah peneltian dari topic yang dipilih.
· Mampu menentukan jenis/rancangan penelitian
· Mampu menentukan instrument untuk mengumpulkan data.
· Mampu menganalisis data sesuai dengan rancangan penelitian
· Mampu menulis proposal penelitian
· Mampu menulis laporan penelitian
Tujuan Pembelajaran:
Membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan untuk melakukan penelitian dalam bidang PAUD
Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan | Materi | Tugas |
I - II | Pendahuluan Penelitian Ilmian §Pengertian Penelitian §Jenis-Jenis Penelitian §Ruang Lingkup Penelitian Kelas | ØMemahami pengertian, jenis dan ruang lingkup penelitian PAUD ØMencari contoh-contoh masalah yang mungkin diteliti sesuai dengan jenisnya |
III | Masalah Penelitian | ØMerumuskan masalah dalam bidang pendidikan dan pengajaran ØMerumuskan masalah dalam bidang Kelas |
IV | Kajian Pustaka § Kajian Teori § Penelitian yang Relevan Kerangka konsep Hipotesis | ØMencari berbagai teori yang relevan dengan permasalahan yang sudah dirumuskan |
V-VI | Desain Penelitian Deskriptif Kualitatif | ØMemahami peneltian kualitatif ØMemahami rancangan kualitatif deskriptif ØMencari bentuk-bentuk penelitian dengan desain kualitatif deskriptif |
VII | Desain Penelitian Eksperimen | ØMemahami rancangan eksperimen ØMencari bentuk-bentuk penelitian dengan rancangan eksperimen |
VIII | Ujian Tengan Semester | |
IX | Metodologi Penelitian 1: Vareaaabel dan Definisi Operasional Vareabel, Populasi, Sampel, Obyek, Sumyek, Setting, Responden, Teknik Sampling. | Menentukan metodologi penelitian sesuai dengan masalah yang dipilih |
X | Metodologi Penelitian I: Teknik Pengumpulan Data, Instrumen, Analisis Data. Data Qualitatif and quantitatif Triangulasi | Menentukan metodologi penelitian sesuai dengan masalah yang dipilih |
XI | Analisis Data | ØMemahami bentuk-bentuk analisis data. ØMenganalisis data sesuai dengan rumusan yang telah dipilih |
XII | Hubungan dan Perbandingan | Menghitung nilai korelasi dan komparasi |
XIII | Laporan Penelitian Pengembangan | Mengembangkan proposal penelitian |
XIV | Penelitian Tindakan Kelas | Memahami bentuk penelitian tindakan kelas |
XV-XVI | Laporan Penelitian | Menyelesaikan proposal penelitian |
Sumber:
Gall, Meredith D., Joyce P. Gall, & Walter R. Borg. 2003. Educational Research: An Introduction. Boston: Pearson Education, Inc.
Kerlinger, Fred N. Asas-asas Penelitian Behavioral (Terjemahan). Yogyakarta: Gadjah Mada Univ. Press.
Maxwell, Joseph A. 1996. Qualitative Research Design. California: SAGE Pub. Inc.
McMillan, James H, Sally Schumacher. 2001. Research in Education: A Conceptual Introduction. London: Longman
Nunan, D. 1994. Research Methods in Language Learning. Cambridge: Cambridge Univ. Press.
Robinson, John P and Philip R. Shaver. Measures of Social Psychological Attitudes. Michigan: Institute of Social Research.
Rost, Michael. 2002. Teaching and Researching Listening. Hong Kong: Longman
Wray, A., K. Trorr and A. Bloomer. 1998. Projects in Linguistics: A Practical Guide to Researching Language. London: Arnold
Other related sources.
Teknik : Diskusi dan penugasan
Penilaian : Portofolio (tugas harian dan tugas akhir), kehadiran, partisipasi.
Palabuhanratu, Oktober 2011
Ketua Prodi, Dosen Mata Kuliah
Ade Ridean Tabrani, M.Pd Rusli Fahmi, S.s
0 komentar:
Posting Komentar