tv one

Selamat Datang di STAI Palabuhanratu

Minggu, 13 November 2011

TELAAH KURIUKULUM PAI


Satuan Acara Perkuliahan (SAP)
Telaah Kurikulum PAI


 

A. INFORMASI UMUM

Mata Kuliah                :  Telaah Kurikulum PAI
Bobot                          :  2 SKS
Jurusan                        :  Pendidikan Agama Islam
MK Prsayarat             :  Pengembangan Kurikulum
Dosen Pengampu        :  H. Herri Azhari, M.Ag

B. STANDAR KOMPETENSI

Setelah menyelesaikan seluruh materi perkuliahan diharapkan:
1.      Mahasiswa mampu memahami komponen kurikulum pendidikan;
2.      Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis perkembangan kurikulum PAI di setiap satuan pendidikan;
3.      Mahasiswa mampu menelaah serta memberikan penilaian terhadap kurikulum PAI.
4.      Mahasiswa mampu menelaah serta memberikan penilaian terhadap Standar Kompetensi (SK) pada setiap kurikulum PAI di setiap satuan pendidikan.
5.      Mahasiswa mampu menelaah serta memberikan penilaian terhadap pada setiap kurikulum PAI di setiap satuan pendidikan.

C. KOMPETENSI DASAR

Setelah menyelesaikan seluruh materi perkuliahan diharapkan:
1.      Mahasiswa mampu memahami keberadaan kurikulum dalam pendidikan;
2.      Mahasiswa mampu memahami komponen-komponen yang terdapat kurikulum (Tujuan, Isi, Aktifitas Belajar, dan Evaluasi);
3.      Mahasiswa mampu memahmi SK, KD, dan Indikator Komptensi;
4.      Mahasiswa mampu memahami Silabus, RPP dan mampu mengaplikasikannya dalam pembelajaran;
5.      Mahasiswa mampu memberikan penilaian terhadap kurikulum PAI 1975 dan 1994
6.      Mahasiswa mampu mampu menelaah kurikulum PAI (Al-Quran Hadis) pada Madrasah Ibtidaiyah (Madrasah Pembangunan)
7.      Mahasiswa mampu mampu menelaah kurikulum PAI (Sejarah Kebudayaan Islam) pada Madrasah Ibtidaiyah 
8.      Mahasiswa mampu mampu menelaah kurikulum PAI (Akidah Akhlak) pada Madrasah Ibtidaiyah 
9.      Mahasiswa mampu menelaah kurikulum PAI (Akidah Akhlak) pada Madrasah Tsanawiyah (Madrasah Pembangunan)
10.  Mahasiswa mampu mampu menelaah kurikulum PAI (Fiqh) pada Madrasah Tsanawiyah
11.  Mahasiswa mampu menelaah kurikulum PAI (Fiqh) pada Madrasah Aliyah (Madrasah Pembangunan)
12.  Mahasiswa mampu menelaah kurikulum PAI pada SMK/SMA (2 Mei)
13.  Mahasiswa mampu menelaah kurikulum PAI pada SMP (SMPN 3 Ciputat)
14.  Mahasiswa mampu menelaah kurikulum PAI pada Sekolah Dasar (SDIT Al-Syukro)

C. INDIKATOR KOMPETENSI

Setelah menyelesaikan seluruh materi perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat:
1.      Memahami  pengembangan kurikulum
2.      Memhami pentingnya kurikulum dalam pendidikan;
3.      Menjelaskan komponen-komponen kurikulum
4.      Menjelaskan komponen Tujuan pembelajaran,
5.      Menjelaskan Komponen materi pelajaran,
6.      Memahami komponen Aktifitas Belajar,
7.      Memahami komponen Evaluasi;
8.      Memahami Standar Kompetensi,
9.      Memahami Kompetensi Dasar,
10.  Memahami Indikator Komptensi;
11.  Membedakan antara SK, KD, dan IK;
12.  Menyusun SK, KD, dan IK secara benar;
13.  Memahami Silabus;
14.  Memahami RPP;
15.  Menyusun Silabus secara benar;
16.  Menyusun RPP secara benar;
17.  Memberikan penilaian terhadap kurikulum PAI 1975
18.  Memberikan penilaian terhadap kurikulum PAI 1994
19.  Membandingkan kurikulum PAI 1975, 1994 dengan KTSP

(Mampu menganalisis kesesuaian (1) SK, KD, dan IK kurikulum PAI, (2) pemanfaatan waktu, (3) penggunaan metode/strategi, (4) evaluasi, serta (5) materi yang disajikan)
20.  Menelaah kurikulum PAI (Al-Quran Hadis) pada Madrasah Ibtidaiyah (Madrasah Pembangunan)
21.  Menelaah kurikulum PAI (Sejarah Kebudayaan Islam) pada Madrasah Ibtidaiyah 
22.  Menelaah kurikulum PAI (Akidah Akhlak) pada Madrasah Ibtidaiyah 
23.  Menelaah kurikulum PAI (Akidah Akhlak) pada Madrasah Tsanawiyah (Madrasah Pembangunan)
24.  Menelaah kurikulum PAI (Fiqh) pada Madrasah Tsanawiyah
25.  Menelaah kurikulum PAI (Fiqh) pada Madrasah Aliyah (Madrasah Pembangunan)
26.  Menelaah kurikulum PAI pada SMK/SMA (2 Mei)
27.  Menelaah kurikulum PAI pada SMP (SMPN 3 Ciputat)
28.  Menelaah kurikulum PAI pada Sekolah Dasar (SDIT Al-Syukro)

D. MATERI PERKULIAHAN

1.      Kurikulum dalam pendidikan
2.      Komponen-komponen kurikulum (Tujuan, Isi, Aktifitas Belajar, dan Evaluasi)
3.      SK, KD, dan Indikator Komptensi;
4.      Silabus, RPP dan Aplikasikannya dalam pembelajaran;
5.      Telaah terhadap kurikulum PAI 1975 dan 1994
6.      Telaah terhadap kurikulum PAI (Sejarah Kebudayaan Islam) pada Madrasah Ibtidaiyah 
7.      Telaah terhadap kurikulum PAI (Al-Quran Hadis) pada Madrasah Ibtidaiyah (Madrasah Pembangunan)
8.      Telaah terhadap kurikulum PAI (Akidah Akhlak) pada Madrasah Ibtidaiyah 
9.      Telaah terhadap kurikulum PAI pada SMP (SMPN 3 Ciputat)
10.  Telaah terhadap kurikulum PAI pada Sekolah Dasar (SDIT Al-Syukro)
11.  Telaah terhadap kurikulum PAI (Akidah Akhlak) pada Madrasah Tsanawiyah (Madrasah Pembangunan)
12.  Telaah terhadap kurikulum PAI (Fiqh) pada Madrasah Tsanawiyah
13.  Telaah terhadap kurikulum PAI (Fiqh) pada Madrasah Aliyah (Madrasah Pembangunan)
14.  Telaah terhadap kurikulum PAI pada SMK/SMA (2 Mei)


E. STRATEGI PEMBELAJARAN

Dalam perkuliahan Telaah Kurikulum PAI ini, proses pembelajaran dilakukan dengan mengedepankan pendekatan partisipatori dan menggunakan prinsip students active learning, yakni mengutamakan peran aktif mahasiswa dalam proses pembelajaran. Untuk itu strategi pembelajaran yang dapat digunakan antara lain sebagai berikut:
1.      Brainstorming (curah gagasan)
2.      Interactive Lecturing (ceramah interaktif)
3.      Active Debate (debat aktif)
4.      Information Search (pelacakan informasi)
5.      Small Group Discussion (diskusi kelompok kecil)
6.      Resitasi (penugasan)

F. PENUGASAN

1.      Setiap mahasiswa diwajibkan membuat makalah kelompok pada topik tertentu dan mendiskusikannya sesuai jadwal yang sudah disepakati;
2.      Mahasiswa berperan aktif dalam setiap proses pembelajaran di kelas, baik pada forum diskusi makalah kelompok maupun paparan yang disampaikan oleh dosen atau teman sekelasnya;
3.      Bahan perkuliahan dapat diperoleh dari sejumlah referensi yang terdapat dalam silabus ini atau menambahkannya dengan berbagai tulisan ilmiah yang berasal dari jurnal, artikel koran dan sebagainya.


G. EVALUASI DAN KRITERIA PENILAIAN

Dalam proses pembelajaran, digunakan 2 (dua) model evaluasi, yakni evaluasi proses dan evaluasi hasil. Evaluasi proses perkuliahan dilakukan setiap akhir proses pembelajaran. Hasil evaluasi proses akan dijadikan masukan (input) untuk penilaian akhir. Sementara evaluasi akhir akan dilakukan dengan menerapkan uji tes. Sedangkan untuk mendapatkan penilaian akhir, mahasiswa harus memenuhi 3 komponen berikut ini:
1.    Formatif
Evaluasi formatif (evaluasi non tes) memiliki bobot nilai 40% dari seluruh pertemuan dengan komponen sebagai berikut:
a.  Kehadiran; mahasiswa yang dapat mengikuti ujian akhir semester adalah yang memenuhi kehadiran 75% dari seluruh total pertemuan (perkuliahan). Kehadiran memiliki bobot 10 %
b.      Tugas terstruktur atau pelaksanaan tugas kelompok, dalam bentuk hasil diskusi tiap pokok bahasan serta Partisipasi aktif dalam diskusi kelas, dengan bobot 15%;
c.       Tugas individual berupa Laporan bacaan buku (Book Report) yang terkait dengan KURIKULUM dengan bobot 15%; (antara satu mahasiswa dg yang lain harus berbeda);
2.      Ujian Tengah Semester (UTS) memiliki bobot nilai 30%
3.      Ujian Akhir Semester (UAS) dalam bentuk Take Home, yaitu menelaah SILABUS dan RPP PAI sekolah/madrasah (catatan antara satu mahasiswa dengan yang lain tidak boleh sama) memiliki bobot nilai 30%









H. RENCANA PERKULIAHAN


No.    NO
HARI/ TANGGAL
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR KOMPETENSI
METODE/
STRATEGI
RUJUKAN
1
Senin, 12/9/11

Interactive Lecturing

Perkenalan,
Penjelasan & Kontrak Belajar
·      Perkenalan,
·      Penjelasan & Kontrak Belajar
·      Memahami  pengembangan kurikulum
·      Memhami pentingnya kurikulum dalam pendidikan;
m Interactive Lecturing
m Brainstorming
m Tanya Jawab
SAP
Silabus
2
Senin, 19/9/11

Interactive Lecturing

Komponen-komponen kurikulum (Tujuan, Isi, Aktifitas Belajar, dan Evaluasi)

·      Menjelaskan komponen-komponen kurikulum
·      Menjelaskan komponen Tujuan pembelajaran,
·      Menjelaskan Komponen materi pelajaran,
·      Memahami komponen Aktifitas Belajar,
·      Memahami komponen Evaluasi;
m Interactive Lecturing
m Brainstorming
m Tanya Jawab
m Resitasi
Wina Sanjaya (2007), Oemar Hamalik (2006)  
W. H. Schubert (1986)
3
Senin, 26/9/11

Interactive Lecturing & DISKUSI

SK, KD, dan Indikator Komptensi;

·      Memahami Standar Kompetensi,
·      Memahami Kompetensi Dasar,
·      Memahami Indikator Komptensi;
·      Membedakan antara SK, KD, dan IK;
·      Menyusun SK, KD, dan IK secara benar;
m Interactive Lecturing
m Brainstorming
m Resitasi
Wina Sanjaya (2007), Oemar Hamalik (2006)  
W. H. Schubert (1986)
4
Senin, 03/10/11

Interactive Lecturing & DISKUSI

Silabus, RPP dan Aplikasikannya dalam pembelajaran;

·      Memahami Silabus;
·      Memahami RPP;
·      Menyusun Silabus secara benar;
·      Menyusun RPP secara benar;
m Interactive Lecturing
m Brainstorming
m Diskusi kelompok
m Tanya Jawab
m Resitasi
Buku Pelajaran, Permendikans No 22 tahun 2006, dan Permenag No. 2 tahun 2008
5
Senin, 10/10/11

Interactive Lecturing & DISKUSI

Telaah terhadap kurikulum PAI 1975 dan 1994

·      Memberikan penilaian terhadap kurikulum PAI 1975
·      Memberikan penilaian terhadap kurikulum PAI 1994
·      Membandingkan kurikulum PAI 1975, 1994 dengan KTSP
m Interactive Lecturing
m Brainstorming
m Diskusi kelompok
m Tanya Jawab
m Resitasi
Buku Pelajaran, Permendikans No 22 tahun 2006, dan Permenag No. 2 tahun 2008
6
Senin, 17/10/11

Interactive Lecturing & DISKUSI

Telaah terhadap kurikulum PAI (Sejarah Kebudayaan Islam) pada Madrasah Ibtidaiyah 

·      menganalisis kesesuaian SK, KD, dan IK kurikulum SKI MI;
·      menganalisis pemanfaatan waktu kurikulum SKI MI,
·      menganalisis kesesuaian penggunaan metode/strategi kurikulum SKI MI,
·      menganalisis kesesuaian evaluasi kurikulum SKI MI, serta
·      menganalisis kesesuaian materi yang disajikan;
m Interactive Lecturing
m Brainstorming
m Diskusi kelompok
m Tanya Jawab
m Resitasi
Buku Pelajaran, Permendikans No 22 tahun 2006, dan Permenag No. 2 tahun 2008
7
Senin, 24/10/11
Ujian Tengah Semester (UTS)
8
Senin, 31/10/11

DISKUSI

Telaah terhadap kurikulum PAI (Al-Quran Hadis) pada Madrasah Ibtidaiyah (Madrasah Pembangunan)

·      menganalisis kesesuaian SK, KD, dan IK kurikulum Al-Quran Hadis MI;
·      menganalisis pemanfaatan waktu kurikulum Al-Quran Hadis MI,
·      menganalisis kesesuaian penggunaan metode/strategi kurikulum Al-Quran Hadis MI,
·      menganalisis kesesuaian evaluasi kurikulum Al-Quran Hadis MI, serta
·      menganalisis kesesuaian materi yang disajikan
m Interactive Lecturing
m Brainstorming
m Diskusi kelompok
m Tanya Jawab
m Resitasi
Buku Pelajaran, Permendikans No 22 tahun 2006, dan Permenag No. 2 tahun 2008
9
Senin, 07/11/11

Interactive Lecturing & Diskusi

Telaah terhadap kurikulum PAI (Akidah Akhlak) pada Madrasah Ibtidaiyah 

·      menganalisis kesesuaian SK, KD, dan IK kurikulum Akidah Akhlak MI;
·      menganalisis pemanfaatan waktu kurikulum Akidah Akhlak MI,
·      menganalisis kesesuaian penggunaan metode/strategi kurikulum Akidah Akhlak MI,
·      menganalisis kesesuaian evaluasi kurikulum Akidah Akhlak MI, serta
·      menganalisis kesesuaian materi yang disajikan;
m Interactive Lecturing
m Brainstorming
m Diskusi kelompok
m Tanya Jawab
m Resitasi
Buku Pelajaran, Permendikans No 22 tahun 2006, dan Permenag No. 2 tahun 2008
10
Senin, 14/11/11

DISKUSI

Telaah terhadap kurikulum PAI pada SMP (SMPN 3 Ciputat)

·      menganalisis kesesuaian SK, KD, dan IK kurikulum PAI SMP;
·      menganalisis pemanfaatan waktu kurikulum PAI SMP,
·      menganalisis kesesuaian penggunaan metode/strategi kurikulum PAI SMP,
·      menganalisis kesesuaian evaluasi kurikulum PAI SMP, serta
·      menganalisis kesesuaian materi yang disajikan;

m Interactive Lecturing
m Brainstorming
m Diskusi kelompok
m Tanya Jawab
m Resitasi
Buku Pelajaran, Permendikans No 22 tahun 2006, dan Permenag No. 2 tahun 2008
11
Senin, 21/11/11

DISKUSI

Telaah terhadap kurikulum PAI pada Sekolah Dasar (SDIT Al-Syukro)

·      menganalisis kesesuaian SK, KD, dan IK kurikulum PAI SD;
·      menganalisis pemanfaatan waktu kurikulum PAI SD,
·      menganalisis kesesuaian penggunaan metode/strategi kurikulum PAI SD,
·      menganalisis kesesuaian evaluasi kurikulum PAI SD, serta
·      menganalisis kesesuaian materi yang disajikan;
m Interactive Lecturing
m Brainstorming
m Diskusi kelompok
m Tanya Jawab
m Resitasi
Buku Pelajaran, Permendikans No 22 tahun 2006, dan Permenag No. 2 tahun 2008
12
Senin, 28/11/11

DISKUSI

Telaah terhadap kurikulum PAI (Akidah Akhlak) pada Madrasah Tsanawiyah (Madrasah Pembangunan)

·      menganalisis kesesuaian SK, KD, dan IK kurikulum Akidah Akhlak MTs;
·      menganalisis pemanfaatan waktu kurikulum Akidah Akhlak MTs,
·      menganalisis kesesuaian penggunaan metode/strategi kurikulum Akidah Akhlak MTs,
·      menganalisis kesesuaian evaluasi kurikulum Akidah Akhlak MTs, serta
·      menganalisis kesesuaian materi yang disajikan;
m Interactive Lecturing
m Brainstorming
m Diskusi kelompok
m Tanya Jawab
m Resitasi
Buku Pelajaran, Permendikans No 22 tahun 2006, dan Permenag No. 2 tahun 2008
13
Senin, 05/12/11
Telaah terhadap kurikulum PAI (Fiqh) pada Madrasah Tsanawiyah

·      menganalisis kesesuaian SK, KD, dan IK kurikulum Fiqh MTs;
·      menganalisis pemanfaatan waktu kurikulum Fiqh MTs,
·      menganalisis kesesuaian penggunaan metode/strategi kurikulum Fiqh MTs,
·      menganalisis kesesuaian evaluasi kurikulum Fiqh MTs, serta
·      menganalisis kesesuaian materi yang disajikan;
m Interactive Lecturing
m Brainstorming
m Diskusi kelompok
m Tanya Jawab
m Resitasi
Buku Pelajaran, Permendikans No 22 tahun 2006, dan Permenag No. 2 tahun 2008
14
Senin, 12/12/11

DISKUSI

Telaah terhadap kurikulum PAI (Fiqh) pada Madrasah Aliyah (Madrasah Pembangunan)

·      menganalisis kesesuaian SK, KD, dan IK kurikulum Fiqh MA;
·      menganalisis pemanfaatan waktu kurikulum Fiqh MA,
·      menganalisis kesesuaian penggunaan metode/strategi kurikulum Fiqh MA,
·      menganalisis kesesuaian evaluasi kurikulum Fiqh MA, serta
·      menganalisis kesesuaian materi yang disajikan;
m Interactive Lecturing
m Brainstorming
m Diskusi kelompok
m Tanya Jawab
m Resitasi
Buku Pelajaran, Permendikans No 22 tahun 2006, dan Permenag No. 2 tahun 2008
15
Senin, 19/12/11

DISKUSI

Telaah terhadap kurikulum PAI pada SMK/SMA (2 Mei)

·      menganalisis kesesuaian SK, KD, dan IK kurikulum PAI SMK;
·      menganalisis pemanfaatan waktu kurikulum PAI SMK,
·      menganalisis kesesuaian penggunaan metode/strategi kurikulum PAI SMK,
·      menganalisis kesesuaian evaluasi kurikulum PAI SMK, serta
·      menganalisis kesesuaian materi yang disajikan;
m  
Buku Pelajaran, Permendikans No 22 tahun 2006, dan Permenag No. 2 tahun 2008
16
Senin, 26/12/11

Ujian Akhir Semester (UAS)



E. SUMBER RUJUKAN

1.      Abd Rozak, dkk, Kompilasi Undang-undang dan Peraturan Pemerintah tentang Pendidikan, Jakarta: FITK Press, 2010
2.      Abdullah Idi (1999) Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Jakarta: Gaya Media Pratama.
3.      E. Mulyasa (2006) Kurikulum Yang Disempurnakan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
4.      E. Mulyasa (2007) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
5.      Laurie Brady dan Kenneth Kenedy (1999), Curriculum Construction. Sydney: Prenctice Hall.
6.      Oemar Hamalik (2006) Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
7.      Hamid Hasan, Evaluasi Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008,
8.      Nana Syaodih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum; Teori dan Praktik, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002;
9.      S. Nasution, Asas-asas Kurikulum,  Jakarta: Bumi Aksara, 2007;
10.  W. H. Schubert (1986) Curriculum: perspective, paradigm, and possibility. New York: Macmillan.
11.  Toto Rohimat, Kurikulum dan Pembelajaran, Bandung: UPI Press, 2009
12.  Wina Sanjaya (2005) Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.
13.  Wina Sanjaya (2005) Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2007;
14.  UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
15.  PP 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
16.  Permendiknas No. 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan dasar dan Menengah
17.  Permenag No. 2 tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar isi PAI dan Bahasa Arab di Madrasah


Mengetahui,                                                                                                                                                    Palabuhanratu, Oktober  2010

Ketua Jurusan PAI                                                                                                                                          Dosen Mata Kuliah



Ade Ridwan Thabrani, M.Pd                                                                                                                      H. Herri Azhari, M.Ag

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More