tv one

Selamat Datang di STAI Palabuhanratu

Minggu, 13 November 2011

METODE PENELITIAN

SATUAN ACARA PEKULIAHAN ( SAP )

Mata Kuliah                : Metode Penelitian
Kode Mata Kuliah      : MPV420
SKS                             : 2 SKS
Waktu Pertemuan       : 2 X 2 Jam
Pertemuan ke              : 1,2
Dosen                          : Drs. H. Yayan Supyandi, M.Pd

  1. Tujuan
      1. TIU             : Setelah mengikuti mata kuliah Metode Penelitian  di semester                                  VII mahasiswa akan mampu menyiapkan proposal penelitian                                        yang baik dan menyelesaikan penelitiannya di semester VIII.

      2. TIK             : Setelah mengikuti kuliah ini (pertemuan ke-1 dan 2 )   
                                 mahasiswa  akan dapat menjelaskan keterkaitan antara filsafat   
                                  ilmu  dengan penelitian

  1. Pokok Bahasan  : Ilmu dan Penelitian

  1. Sub Pokok Bahasan :
Ø  Berfikir Ilmiah
Ø  Perkembangan metode penelitian
Ø  Logika induksi
Ø  Logika deduksi

  1. Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap Kegiatan
Kegiatan Pengajar
Kegiatan Mahasiswa
Media dan Alat Pengajaran
Pendahuluan







1.Menjelaskan cakupan materi dalam pertemuan ke- 1 dan 2
2.Menjelaskan kepentingan mempelajari materi tersebut
3.Menjelaskan kompetensi dalam TIU dan TIK untuk pertemuan ke – 1 dan 2

Memperhatikan

Memperhatikan

Memperhatikan

Buku ajar

Buku ajar

Buku ajar
Penyajian






4.Menjelaskan tentang berfikir ilmiah
5.Menjelaskan  tentang perkembangan metode penelitian
6.Menjelaskan  tentang Logika Induksi
7.Menjelaskan  tentang Logika Deduksi

Memperhatikan
Memperhatikan

Memperhatikan
Memperhatikan
OHP
OHP

OHP
OHP
Penutup

Menutup pertemuan
a)      Merangkum Sub topik pada pertemuan ke -1 ,2
b)      Presentasi tugas dan diskusi
c)      Menjelaskan pokok bahasan ke-3,4

Memperhatikan

Presentasi dan diskusi
Memperhatikan

OHP

OHP, Buku Ajar
Buku Ajar
  1. Evaluasi
      1. Ujian Tengah Semester  materi pertemuan
      2. Ujian Akhir Semester materi pertemuan
  1. Referensi
1.      Anonimus, 1983. Materi dasar Pendidikan. Program Akta Mengajar V. Buku I A. Filsafat Ilmu. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. Jakarta
2.      Anonimus, 1985. Materi dasar Pendidikan. Program Akta Mengajar V. Buku I B. Metodologi Penelitian. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. Jakarta
3.      Nasution, S., 1966. Metode Research ( Penelitian Ilmiah ). Bumi Aksara. Jakarta
4.      Nazir, M., 1985. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia .Jakarta
5.      Pitono, S., Suhartono, T.P. dam Harjanto J.M.. 1998. Filsafat Ilmu Kedokteran. Gramik F K Unair. Surabaya






 Palabuhanratu,  Maret 2010
Mengetahui,                                                           Dosen Pengampu,
 Ketua Jurusan PAI




Ade Ridwan Thabrani, M.Pd                             Drs. H. Yayan Supyandi, M.Pd
































SATUAN ACARA PERKULIAHAN ( SAP )

Mata Kuliah                : Metode Penelitian
Kode Mata Kuliah      : MPV420
SKS                             : 2 SKS
Waktu Pertemuan       : 2 X 2 Jam
Pertemuan ke              : 3,4
Dosen                          : Drs. H. Yayan Supyandi, M.Pd



A.    Tujuan
      1. TIU             : Setelah mengikuti mata kuliah Metode Penelitian  di semester                                  VII mahasiswa akan mampu menyiapkan proposal penelitian                                      yang baik dan menyelesaikan penelitiannya di semester VIII.

      2. TIK             : Setelah mengikuti kuliah ini ( pertemuan ke-3 dan 4 )
                                mahasiswa akan dapat menjelaskan upaya mencapaikan
                                kebenaran dan alur berpikir ilmiah

B.     Pokok Bahasan  : Metode Keilmuan

C.     Sub Pokok Bahasan :
Ø  Pendekatan non ilmiah
Ø  Pendekatan Ilmiah
Ø  Kerangka berfikir ilmiah ( logiko hipotetiko verifikatif )

D.    Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap Kegiatan
Kegiatan Pengajar
Kegiatan Mahasiswa
Media dan Alat Pengajaran
Pendahuluan







1.Menjelaskan cakupan materi dalam pertemuan ke- 3 dan 4
2.Menjelaskan kepentingan mempelajari materi tersebut
3.Menjelaskan kompetensi dalam TIU dan TIK untuk pertemuan ke – 3 dan 4

Memperhatikan

Memperhatikan

Memperhatikan

Buku ajar

Buku ajar

Buku ajar
Penyajian






4.Menjelaskan tentang pendekatan non ilmiah
5.Menjelaskan  tentang pendekatan ilmiah
6.Menjelaskan  tentang kerangka berfikir ilmiah ( logiko hipotetiko verifikatif )

Memperhatikan

Memperhatikan

Memperhatikan
OHP

OHP

OHP
Penutup

Menutup pertemuan
a)      Merangkum Sub topik pada pertemuan ke -3 dan 4
b)      Presentasi tugas dan diskusi
c)      Menjelaskan pokok bahasan ke-5,6,7

Memperhatikan

Presentasi dan diskusi
Memperhatikan

OHP

OHP, Buku Ajar
Buku Ajar

E.     Evaluasi
      1. Ujian Tengah Semester  materi pertemuan
      2. Ujian Akhir Semester materi pertemuan
F.      Referensi
Ø  Anonimus, 1983. Materi dasar Pendidikan. Program Akta Mengajar V. Buku I A. Filsafat Ilmu. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. Jakarta
Ø  Anonimus, 1985. Materi dasar Pendidikan. Program Akta Mengajar V. Buku I B. Metodologi Penelitian. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. Jakarta
Ø  Nasution, S., 1966. Metode Research ( Penelitian Ilmiah ). Bumi Aksara. Jakarta
      4.   Nazir, M., 1985. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia .Jakarta
      5.   Pitono, S., Suhartono, T.P. dam Harjanto J.M.. 1998. Filsafat Ilmu Kedokteran. Gramik F K Unair. Surabaya










 Palabuhanratu,  Maret 2010
Mengetahui,                                                           Dosen Pengampu,
 Ketua Jurusan PAI




Ade Ridwan Thabrani, M.Pd                             Drs. H. Yayan Supyandi, M.Pd



























SATUAN ACARA PERKULIAHAN ( SAP )

Mata Kuliah                : Metode Penelitian
Kode Mata Kuliah      : MPV420
SKS                             : 2 SKS
Waktu Pertemuan       : 3 X 2 Jam
Pertemuan ke              : 5,6,7
Dosen                          : Drs. H. Yayan Supyandi, M.Pd


A.    Tujuan
      1. TIU             : Setelah mengikuti mata kuliah Metode Penelitian  di semester                                  VII mahasiswa akan mampu menyiapkan proposal penelitian                                       yang baik dan menyelesaikan penelitiannya di semester VIII.

      2. TIK             : Setelah mengikuti kuliah ini ( pertemuan ke-5,6,7 ) mahasiswa                                 akan dapat menjelaskan setiap langkah / tahapan penelitian
                                serta saling keterkaitannya

B.     Pokok Bahasan  : Langkah / Tahapan Penelitian

C.     Sub Pokok Bahasan :
Ø  Masalah
Ø  Telaah kepustakaan
Ø  Hipotesis
Ø  Peubah ( variabel )
Ø  Alat pengambilan data
Ø  Rancangan penelitian
Ø  Sampel
Ø  Pengumpulan data
Ø  Pengolahan dan analisi data
Ø  Interprestasi hasil analisis
Ø  Penyusunan laporan

D.    Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap Kegiatan
Kegiatan Pengajar
Kegiatan Mahasiswa
Media dan Alat Pengajaran
Pendahuluan







1.Menjelaskan cakupan materi dalam pertemuan ke- 5,6,7
2.Menjelaskan kepentingan mempelajari materi tersebut
3.Menjelaskan kompetensi dalam TIU dan TIK untuk pertemuan ke – 5,6,7

Memperhatikan

Memperhatikan

Memperhatikan

Buku ajar

Buku ajar

Buku ajar
Penyajian






4.Menjelaskan tentang masalah
5.Menjelaskan  tentang telaah  
        kepustakaan
6.Menjelaskan  tentang hipotesis
7.Menjelaskan  tentang peubah (
        variabel)
8.Menjelaskan tentang alat
        pengambilan data
9.         Menjelaskan tentang rancangan
        penelitian
10. Menjelaskan tentang sampel
11. Menjelaskan tentang pengumpulan 
      data
12. Menjelaskan tentang pengolahan
      dan analisi data
13. Menjelaskan tentang l interprestasi  
      hasil analisis
14. Menjelaskan tentang penyusunan
       laporan


Memperhatikan
Memperhatikan

Memperhatikan
Memperhatikan

Memperhatikan

Memperhatikan

Memperhatikan
Memperhatikan

Memperhatikan

Memperhatikan

Memperhatikan
OHP
OHP

OHP
OHP

OHP

OHP

OHP
OHP

OHP

OHP

OHP
Penutup

Menutup pertemuan
a.       Merangkum Sub topik pada pertemuan ke -5,6,7
b.      Presentasi tugas dan diskusi

c.       Menjelaskan pokok bahasan ke-8

Memperhatikan

Presentasi dan diskusi
Memperhatikan

OHP

OHP, Buku Ajar
Buku Ajar

E.     Evaluasi
      1. Ujian Tengah Semester  materi pertemuan
      2. Ujian Akhir Semester materi pertemuan
F.      Referensi
1.      Anonimus, 1983. Materi dasar Pendidikan. Program Akta Mengajar V. Buku I A. Filsafat Ilmu. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. Jakarta
2.      Anonimus, 1985. Materi dasar Pendidikan. Program Akta Mengajar V. Buku I B. Metodologi Penelitian. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. Jakarta
3.      Nasution, S., 1966. Metode Research ( Penelitian Ilmiah ). Bumi Aksara. Jakarta
4.      Nazir, M., 1985. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia .Jakarta
5.      Pitono, S., Suhartono, T.P. dam Harjanto J.M.. 1998. Filsafat Ilmu Kedokteran. Gramik F K Unair. Surabaya






 Palabuhanratu,  Maret 2010
Mengetahui,                                                           Dosen Pengampu,
 Ketua Jurusan PAI




Ade Ridwan Thabrani, M.Pd                             Drs. H. Yayan Supyandi, M.Pd











SATUAN ACARA PEKULIAHAN ( SAP )

Mata Kuliah                : Metode Penelitian
Kode Mata Kuliah      : MPV420
SKS                             : 2 SKS
Waktu Pertemuan       : 1 X 2 Jam
Pertemuan ke              : 8
Dosen                          : Drs. H. Yayan Supyandi, M.Pd


A.    Tujuan
      1. TIU             : Setelah mengikuti mata kuliah Metode Penelitian  di semester                                  VII mahasiswa akan mampu menyiapkan proposal penelitian                                      yang baik dan menyelesaikan penelitiannya di semester VIII.

      2. TIK             : Setelah mengikuti kuliah ini ( pertemuan ke-8 ) mahasiswa                                       akan dapat menjelaskan peranan statiska secara luas sebagai                             upaya menegakkan aspek kuantitatif dalam penelitian

B.     Pokok Bahasan  : Peranan Statiska

C.     Sub Pokok Bahasan :
Ø  Peranan statiska

D.    Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap Kegiatan
Kegiatan Pengajar
Kegiatan Mahasiswa
Media dan Alat Pengajaran
Pendahuluan







1.   Menjelaskan cakupan materi dalam pertemuan ke- 8
2.Menjelaskan kepentingan mempelajari materi tersebut
3.Menjelaskan kompetensi dalam TIU dan TIK untuk pertemuan ke -8

Memperhatikan

Memperhatikan

Memperhatikan

Buku ajar

Buku ajar

Buku ajar
Penyajian






4.Menjelaskan tentang  peranan statiska


Memperhatikan
Memperhatikan

Memperhatikan
Memperhatikan
OHP
OHP

OHP
OHP
Penutup

Menutup pertemuan
a.       Merangkum Sub topik pada pertemuan ke -8
b.      Presentasi tugas dan diskusi

c.       Menjelaskan pokok bahasan ke-9,10,11

Memperhatikan

Presentasi dan diskusi
Memperhatikan

OHP

OHP, Buku Ajar
Buku Ajar


E.     Evaluasi
      1. Ujian Tengah Semester  materi pertemuan
      2. Ujian Akhir Semester materi pertemuan
F.      Referensi
1.      Anonimus, 1983. Materi dasar Pendidikan. Program Akta Mengajar V. Buku I A. Filsafat Ilmu. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. Jakarta
2.      Anonimus, 1985. Materi dasar Pendidikan. Program Akta Mengajar V. Buku I B. Metodologi Penelitian. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. Jakarta
3.      Nasution, S., 1966. Metode Research ( Penelitian Ilmiah ). Bumi Aksara. Jakarta
4.      Nazir, M., 1985. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia .Jakarta
5.      Pitono, S., Suhartono, T.P. dam Harjanto J.M.. 1998. Filsafat Ilmu Kedokteran. Gramik F K Unair. Surabaya








 Palabuhanratu,  Maret 2010
Mengetahui,                                                           Dosen Pengampu,
 Ketua Jurusan PAI




Ade Ridwan Thabrani, M.Pd                             Drs. H. Yayan Supyandi, M.Pd






























SATUAN ACARA PEKULIAHAN ( SAP )

Mata Kuliah                : Metode Penelitian
Kode Mata Kuliah      : MPV420
SKS                             : 2 SKS
Waktu Pertemuan       : 3 X 2 Jam
Pertemuan ke              : 9,10.11
Dosen                          : Drs. H. Yayan Supyandi, M.Pd


A.    Tujuan
      1. TIU             : Setelah mengikuti mata kuliah Metode Penelitian  di semester                                  VII mahasiswa akan mampu menyiapkan proposal penelitian                                      yang baik dan menyelesaikan penelitiannya di semester VIII.

      2. TIK             : Setelah mengikuti kuliah ini ( pertemuan ke-9,10,11 )                                               mahasiswa akan dapat menjelaskan ragam penelitian (
                                tinjauan dari sudut perpaduan beberapa aspek ) dengan
                                masing-masing karakteristik

B.     Pokok Bahasan  : Ragam Penelitian

C.     Sub Pokok Bahasan :
Ø  Historis
Ø  Diskriptip
Ø  Perkembangan
Ø  Kasus/Lapangan
Ø  Korelasional
Ø  Kausal komperatif
Ø  Eksperimental sungguhan
Ø  Eksperimental semu
Ø  Tindakan

D.    Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap Kegiatan
Kegiatan Pengajar
Kegiatan Mahasiswa
Media dan Alat Pengajaran
Pendahuluan







1.Menjelaskan cakupan materi dalam   
     pertemuan ke-9,10,11
2.Menjelaskan kepentingan  
     mempelajari materi tersebut
3.Menjelaskan kompetensi dalam TIU dan TIK untuk pertemuan ke 9,10,11

Memperhatikan

Memperhatikan

Memperhatikan

Buku ajar

Buku ajar

Buku ajar
Penyajian






4.Menjelaskan tentang historis
5.Menjelaskan  tentang diskriptip
6.Menjelaskan  tentang  
     perkembangan
7.Menjelaskan  tentang kasus/
     lapangan
8.Menjelaskan tentang korelasional
9.Menjelaskan tentang kausal  
     komperatif
10.     Menjelaskan tentang
        eksperimental sungguhan
11.     Menjelaskan tentang
        eksperimental semu
12.     Menjelaskan tentang tindakan

Memperhatikan
Memperhatikan

Memperhatikan
Memperhatikan

Memperhatikan
Memperhatikan

Memperhatikan

Memperhatikan

Memperhatikan
OHP
OHP

OHP
OHP

OHP
OHP

OHP

OHP

OHP
Penutup

Menutup pertemuan
a.       Merangkum Sub topik pada pertemuan ke -9,10,11
b.      Presentasi tugas dan diskusi

c.       Menjelaskan pokok bahasan ke-12,13,14,15

Memperhatikan

Presentasi dan diskusi
Memperhatikan

OHP

OHP, Buku Ajar
Buku Ajar

E.     Evaluasi
      1. Ujian Tengah Semester  materi pertemuan
      2. Ujian Akhir Semester materi pertemuan
F.      Referensi
1        Anonimus, 1983. Materi dasar Pendidikan. Program Akta Mengajar V. Buku I A. Filsafat Ilmu. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. Jakarta
2        Anonimus, 1985. Materi dasar Pendidikan. Program Akta Mengajar V. Buku I B. Metodologi Penelitian. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. Jakarta
3        Nasution, S., 1966. Metode Research ( Penelitian Ilmiah ). Bumi Aksara. Jakarta
4        Nazir, M., 1985. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia .Jakarta
5        Pitono, S., Suhartono, T.P. dam Harjanto J.M.. 1998. Filsafat Ilmu Kedokteran. Gramik F K Unair. Surabaya




 Palabuhanratu,  Maret 2010
Mengetahui,                                                           Dosen Pengampu,
 Ketua Jurusan PAI




Ade Ridwan Thabrani, M.Pd                             Drs. H. Yayan Supyandi, M.Pd















SATUAN ACARA PERKULIAHAN ( SAP )

Mata Kuliah                : Metode Penelitian
Kode Mata Kuliah      : MPV420
SKS                             : 2 SKS
Waktu Pertemuan       : 4 X 2 Jam
Pertemuan ke              : 12,13,14,15
Dosen                          : Drs. H. Yayan Supyandi, M.Pd


ATujuan
      1. TIU             : Setelah mengikuti mata kuliah Metode Penelitian  di semester                                  VII mahasiswa akan mampu menyiapkan proposal penelitian                                      yang baik dan menyelesaikan penelitiannya di semester VIII.

      2. TIK             : Setelah mengikuti kuliah ini ( pertemuan ke-12,13,14,15 )                                        mahasiswa akan dapat menjelaskan esensi dan tujuan setiap
                                tahapan proposal penelitian serta saling keterkaitan

B.Pokok Bahasan  : Proposal Penelitian

C.Sub Pokok Bahasan :
Ø  Tujuan proposal penelitian
Ø  Garis besar isi proposal penelitian
Ø  Penemuan judul
Ø  Latar Belakang
Ø  Perumusan Masalah
Ø  Tujuan
Ø  Hipotesis
Ø  Telaah Pustaka
Ø  Metode Penelitian
Ø  Jadwal Kegiatan
Ø  Daftar Pustaka

D.Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap Kegiatan
Kegiatan Pengajar
Kegiatan Mahasiswa
Media dan Alat Pengajaran
Pendahuluan







1.Menjelaskan cakupan materi dalam  
   pertemuan ke-12,13,14,15
2.Menjelaskan kepentingan 
    mempelajari materi tersebut
3.Menjelaskan kompetensi dalam TIU   
   dan TIK untuk pertemuan ke –    
   12,13,14,15

Memperhatikan

Memperhatikan

Memperhatikan

Buku ajar

Buku ajar

Buku ajar
Penyajian






5.      Menjelaskan tentang tujuan proposal penelitian
6.Menjelaskan  tentang garis besar  
       isi proposal
7.Menjelaskan  tentang 
       Penentuan judul
8.Menjelaskan  tentang latar   
        belakang
9.Menjelaskan tentang perumusan
        masalah
10.      Menjelaskan tentang tujuan
11.      Menjelaskan tentang hipotesis       
12.      Menjelaskan tentang telaah
        pustaka
13.      Menjelaskan tentang metode
       penelitian
14.      Menjelaskan tentang jadwal
       kegiatan
15.      Menjelaskan tentang daftar  
        pustaka

Ceramah dan presentasi
Ceramah dan presentasi
Ceramah dan presentasi
Ceramah dan presentasi

Ceramah dan presentasi
Ceramah dan presentasi
Ceramah dan presentasi
Ceramah dan presentasi
Ceramah dan presentasi
OHP
OHP

OHP
OHP

OHP
OHP

OHP

OHP

OHP

OHP

OHP
Penutup

Menutup pertemuan
1.      Merangkum Sub topik pada  
      pertemuan ke -12,13,14,15
2.  Presentasi tugas dan diskusi



Memperhatikan

Presentasi dan diskusi


OHP

OHP, Buku Ajar


E.     Evaluasi
      1. Ujian Tengah Semester  materi pertemuan
      2. Ujian Akhir Semester materi pertemuan
G.    Referensi
1        Anonimus, 1983. Materi dasar Pendidikan. Program Akta Mengajar V. Buku I A. Filsafat Ilmu. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. Jakarta
2        Anonimus, 1985. Materi dasar Pendidikan. Program Akta Mengajar V. Buku I B. Metodologi Penelitian. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. Jakarta
3        Nasution, S., 1966. Metode Research ( Penelitian Ilmiah ). Bumi Aksara. Jakarta
4        Nazir, M., 1985. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia .Jakarta
5        Pitono, S., Suhartono, T.P. dam Harjanto J.M.. 1998. Filsafat Ilmu Kedokteran. Gramik F K Unair. Surabaya






 Palabuhanratu,  Maret 2010
Mengetahui,                                                           Dosen Pengampu,
 Ketua Jurusan PAI




Ade Ridwan Thabrani, M.Pd                             Drs. H. Yayan Supyandi, M.Pd





0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More