tv one

Selamat Datang di STAI Palabuhanratu

Minggu, 13 November 2011

MEDIA PEMBELAJARAN


SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
1.      Identitas
Mata Kuliah                             : Media Pembelajaran
Kode Mata Kuliah                   :
Jumlah SKS                              : 2 (dua)
Prodi                                          : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Semester                                    : V (Lima)
Jumlah Pertemuan                   : 16 kali pertemuan tatap muka, termasuk dua kali UTS dan UAS
Dosen                                         :  Adang Supriadi, S.Pdi
2.      Deskripsi Perkuliahan
Seiring perkembangan ilmu dan teknologi membawa pergesesaran peran guru dalam pembelajaran, semula guru merupakan satu-satunya sumber belajar  utama bagi peserta didiknya  menjadi berbagi peran dengan sumber belajar lain untuk mengoptimalkan proses dan hasil belajar. Sumber belajar yang beraneka ragam disekitar kehidupan peserta didik baik yang didesain maupun yang non desain belum banyak dimanfaatkan dalam pembeljaran.  Terdapat kecenderungan dalam pembelajaran selama ini lebih banyak memanfaatkan guru dan buku teks sebagai sumber belajar utama.  Di sisi lain dalam pembelajaran ke depan dihadapkan pada tuntutan kebutuhan belajar yang semakin komplek.
Matakuliah ini dikembangkan dan diberikan kepada mahasiswa Program Pascasarjana IAIN  yang kelak menjadi teknolog dalam mendesain pesan dalam proses komunikasi agar terjadi pembelajaran yang efektif, efisien dan berarah tujuan. Untuk itu sangat diperlukan kapasitas untuk mendesain pesan melalui media pembelajaran agar terjadi proses dan hasil belajar yang optimal.   
Matakuliah ini mengkaji dan menganalisis berbagai konsep tentang media komunikasi untuk kepentingan pembelajaran dan upaya pemanfaatan media untuk meningkatkan kualitas dan hasil pembelajaran. Taksomi Variabel dalam pembelajaran, pola-pola instruksional dan Prinsip-prinsip pemanfaatan media pembelajaran. Fungsi dan peran media dalam pembelajaran, jenis-jenis dan karakteristik media pembelajaran. Kreteria pemilihan media pembelajaran dan evaluasi pemanfaatan media pembelajaran. Analisis kasus pemanfaatan media  dalam praktek pembelajaran, praktek mendesain media untuk pembelajaran dan pemanfaatannya.
3.      Standar Kompetensi
Setelah berakhirnya perkuliahan selama satu semester, mahasiswa :
1.      Mampu menggunakan konsep, mengembangkan, memilih serta meng-analisis berbagai media untuk kepentingan pembelajaran guna meningkatkan proses dan hasil pembelajaran.
2.      Mampu mengidentifikasi Taksonmi variabel pembelajaran, pola-pola instruksional, serta  prinsip-prinsip pemanfaatan media pembelajaran.
3.      Mampu menemukan kasus-kasus pemanfaatkan media pembelajaran dan membuat media pembelajaran serta upaya pemanfaatannya.
11
D.  Kegiatan Perkuliahan
Matakuliah ini dibina oleh Tim Dosen yang akan datang secara bersamaan   dan atau bergantian, metode yang digunakan yaitu:
a)       Ceramah dan tanya jawab
b)      Penugasan    secara kelompok untuk   melakukan penelusuran dan presentasi atas hasil penelusuran kajian, analisis serta evaluasi terhadap kosep media dalam pembelajaran
c)      Penugasan secara kelompok untuk melakukan observasi lapangan terhadap praktek pemanfaatan media pembelajaran di kelas.
d)      Penugasan secara individual untuk penelusuran sumber-sumber teori media pembelajaran.
e)      Praktek pembuatan dan pemanfaatan media pembelajaran
III.    Evaluasi
Kreteria:
a)      Kreteria evaluasi tugas kelompok  dari aspek tingkat kejelasan hasil kajian, analisis dan evaluasi serta presentasi hasil kajian dan penelusuran serta observasi lapangan.
b)      Kreteria hasil evaluasi tugas individu adalah dari aspek: relevansi, kejelasan     uraian, prosedur, dan prinsip yang digunakan.
c)       penelusuran sumber, kesimpulan dan komentar atas sumber yang ditelusuri
d)      Presentasi kelompok ditinjau dari: teknik penyajian, cara menanggapi      saran, pertanyaan dan menyimpulkan.
IV. Hasil Evaluasi:
Hasil evaluasi merupkan komulatif dari jumlah kehadiran, penyelesaian tugas kelompok, tugas individual, Ujian Tengah dan Akhir Semester, dengan bobot: tugas individual 25 %, tugas kelompok. 15 %, Ujian Tengah Semester 20 % dan Ujian Akhir Semester  40 %.
Mahasiswa dapat memilih nilai akhir sebagai berikut :
a)       Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal  80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok paling lambat 5 hari sebelum batas waktu yang telah ditetapkan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
b)      Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal  80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok paling lambat 1 hari sebelum batas waktu yang telah ditetapkan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
c)      Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal  80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok pada saat tanggal presentasi yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
d)     Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal  80 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat  dua hari dari tanggal presentasi yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
e)      Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal  75 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat lebih dari satu minggu yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
f)       Jika hadir mengikuti perkuliahan minimal  75 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat lebih dari satu minggu dan penggatian tugas dari tanggal yang telah ditentukan, mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu
g)       Jika hadir mengikuti perkuliahan kurng dari  70 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu dan kelompok terlambat lebih dari satu minggu dan diberi tugas pegganti dari tugas utama, tidak mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
h)      Jika hadir mengikuti perkuliahan kurang dari  60 % dari jumlah perkuliahan, mengumpulkan tugas individu terlambat 10 hari dari waktu yang ditentukan dan  mengumpul tugas kelompok tidak memenuhi kreteria diberi tugas tambahan dan tidak mengerjakan, tidak mengikuti presentasi kelompok, mengikuti ujian tengah semester dan ujian semester memperoleh nilai masuk dalam norma yang ditetapkan untuk itu.
IV.    Jabaran kegiatan Perkuliahan dalam  Pertemuan
21

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More