SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
A. Identitas
Mata Kuliah : Pengembangan Kurikulum
Kode Mata Kuliah :
Jumlah SKS : 2 (dua)
Prodi : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Semester : VII (Tujuh)
Jumlah Pertemuan : 16 kali pertemuan tatap muka, termasuk dua kali UTS dan UAS
Dosen : H. Herri Azhari, M.Ag..
B. KOMPETENSI
1. Memahami pengertian kurikulum, baik secara etimologis maupun terminologis;
2. Menguasai beberapa definisi kurikulum dari beberapa pakar kurikulum;
3. Memahami macam-macam kurikulum;
4. Memahami komponen kurikulum;
5. Memahami perkembangan kurikulum di Indonesia;
6. Memahami KTSP;
7. Memahami silabus dan RPP;
8. Menguasai pengembangan materi berdasarkan KTSP;
9. Menerapkan pembelajaran berdasarkan KTSP.
C. DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini membahas tentang teori kurikulum tentang pengertian kurikulum, baik secara etimologis maupun terminologis, beberapa definisi kurikulum, macam-macam kurikulum. Pamahaman secara teoretis ini kemudian dijadikan sebagai bekal pengetahuan untuk memahami tentang sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, sejak kemerdekaan sampai era reformasi, termasuk pemahaman tentang KTSP, silabus dan RPP, serta penerapannya dalam proses pembelajaran di dalam kelas.
D. Uraian Per Tatap Muka
Pert Ke- | Satuan Bahasan | Kompetensi Dasar dan Indikator | Metode | Media | Penilaian | Referensi |
1 | Informasi mata kuliah | Kontrak perkuliahan dengan mahasiswa, dan arahan tentang tugas-tugas mandiri yang harus dilaksanakan. | - | - | - | - |
2 | Pengertian etimologis kurikulum | Mampu memahami pengertian kurikulum: a. Menjelaskan pengertian kurikulum secara etimologis, b. Menjelaskan pengertian kurikulum secara terminologis | Ceramah Diskusi Pemberian tugas | Modul | Tugas mandiri Tes formatif | 1, 2, 7 |
3 | Definisi kurikulum | Menguasai beberapa definisi kurikulum dari beberapa pakar kurikulum: a. Menyebutkan beberapa definisi kurikulum. b. Menjelaskan makna definisi tersebut. | Ceramah Diskusi | Modul | Tes formatif | 1, 7 |
4 | Macam-macam Kurikulum | Mampu memahami macam-macam kurikulum: a. Menyebutkan macam-macam kurikulum b. Menjelaskan macam-macam kurikulum tersebut | Ceramah Diskusi | Modul Contoh dokumen kurikulum | Tes formatif | 3, 7 |
5 | Komponen kurikulum | Mampu memahami komponen kurikulum: a. Menyebutkan komponen kurikulum b. Menjelaskan komponen kurikulum | Ceramah Diskusi | Modul | Tes formatif | 7 |
6 | Penyusunan kurikulum dan pihak-pihak yang terlibat dalam penyusunan kurikulum | Mampu memahami proses penyusunan kurikulum: a. Menjelaskan langkah-langkahnya b. Menyebutkan pihak-pihak yang terlibat dalam proses penyusunan kurikulum | Ceramah Diskusi | Modul Contoh Framework of Curriculum Australia Barat | Tes formatif | 2, 7 |
7 | Perkembangan kurikulum di Indonesia | Mampu memahami perkembangan kurikulum di Indonesia: a. Menyebutkan kronologi perubahan kurikulum di Indonesia b. Menjelaskan perbedaannya | Ceramah Diskusi | Modul Buku 50 Tahun Pendidikan di Indonesia | Tes formatif | 3 |
8 | UTS | - | - | - | Tes tertulis | - |
9 | Dari KBK ke KTSP | Mampu memahami perubahan KBK menjadi KTSP: a. Menjelaskan kronologi perubahan KBK menjadi KTSP b. Menjelaskan hubungan antara KBK dengan KTSPa | Ceramah Diskusi | Modul Contoh artikel tentang KBK dan KTSP | Tes formatif | 8 |
10 | KTSP: Dokumen I | Mampu memahami dokumen I KTSP: a. Menyebutkan sistematika dokumen I KTSP b. Menjelaskan isi dokumen I | Ceramah Diskusi Tugas mandiri | Modul Contoh dokumen I | Tes formatif | 8 |
11 | KTSP: Dokumen II | Mampu memahami dokulem II KTSP: a. Menyebutkan isi dokumen II KTSP b. Menjelaskan hubungan antara dokumen I dan dokumen II | Ceramah Diskusi Tugas mandiri | Modul Contoh dokumen II | Tes formatif | 8 |
12 | Penyusunan Silabus | Mampu memahami silabus: a. Menyebutkan kolom-kolom silabus b. Menjelaskan isi kolom-kolom silabus | Kerja mandiri Kerja kelompok | Modul Contoh silabus | Tes formatif | 8 |
13 | Praktik membuat silabus | Mampu menyusun silabus: a. Menjelaskan langkah-langkah dalam menyusun silabus. b. Memilih kompetensi dasar dan materi serta mengembangkan menjadi silabus secara lengkap | Kerja mandiri Kerja kelompok | Modul Contoh silabus | Tes formatif | 8 |
14 | Penyusunan RPP | Mampu memahami RPP: a. Menyebutkan sistematika RPP b. Menjelaskan sistematikanya | Ceramah Diskusi | Modul Contoh RPP | Tes formatif | 8 |
15 | Praktik menyusun RPP | Menerapkan RPP dalam proses pembelajaran: a. Mempresentasikan RPP di hadapan mahasiswa lain b. Menerapkan dalam proses pembelajaran di hadapan (peer teaching) | Kerja kelompok Kerja mandiri | Modul Contoh RPP | Tes formatif | 8 |
16 | UAS | - | - | - | Tes tertulis | - |
REFERENSI
1. McNeil, John. 1985. Curriculum, A Comprehensive Introduction. Boston: Little, Brown and Company.
2. Oemar Hamalik. 1995. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
3. Suparlan. 2004. Mencerdaskan Kehidupan Bangsa, dari Konsepsi Ke Implentasi. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
4. Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
5. Widiastono, Tonny D. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
6. Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia II. 1994. Kurikulum Untuk Abad Ke-21. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
7. Rochman Natawidjaja (Ed). 1979. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum, Alat Peraga, dan Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Depatemen Pendidikan dan Kebudayaan.
8. Australia Indonesia Basic Education Program. 2007. Bahan Pelatihan Whole School Development (WSD) dan Whole District Development (WDD).
Palabuhanratu, Oktober 2010
Dosen Mata Kuliah
Ketua Prodi
Ade Ridwan Tabrani H. Herri Azhari, M.Ag
0 komentar:
Posting Komentar