tv one

Selamat Datang di STAI Palabuhanratu

Minggu, 13 November 2011

PENGEMBANGAN KURIKULUM


SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

A.    Identitas
Mata Kuliah                            : Pengembangan Kurikulum
Kode Mata Kuliah                 :
Jumlah SKS                             : 2 (dua)
Prodi                                         : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Semester                                  : VII (Tujuh)
Jumlah Pertemuan                : 16 kali pertemuan tatap muka, termasuk dua kali UTS dan UAS
Dosen                                        : H. Herri Azhari, M.Ag..

B.     KOMPETENSI

1.   Memahami pengertian kurikulum, baik secara etimologis maupun terminologis;
2.   Menguasai beberapa definisi kurikulum dari beberapa pakar kurikulum;
3.   Memahami macam-macam kurikulum;
4.   Memahami komponen kurikulum;
5.   Memahami perkembangan kurikulum di Indonesia;
6.   Memahami KTSP;
7.   Memahami silabus dan RPP;
8.   Menguasai pengembangan materi berdasarkan KTSP;
9.   Menerapkan pembelajaran berdasarkan KTSP.

C.    DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah ini membahas tentang teori kurikulum tentang pengertian kurikulum, baik secara etimologis maupun terminologis, beberapa definisi kurikulum, macam-macam kurikulum. Pamahaman secara teoretis ini kemudian dijadikan sebagai bekal pengetahuan untuk memahami tentang sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, sejak kemerdekaan sampai era reformasi, termasuk pemahaman tentang KTSP, silabus dan RPP, serta penerapannya dalam proses pembelajaran di dalam kelas.



D.    Uraian Per Tatap Muka

Pert
Ke-
Satuan Bahasan
Kompetensi Dasar
dan Indikator
Metode
Media
Penilaian
Referensi
1
Informasi mata kuliah
Kontrak perkuliahan dengan mahasiswa, dan arahan tentang tugas-tugas mandiri yang harus dilaksanakan.
-
-
-
-
2
Pengertian etimologis kurikulum
Mampu memahami pengertian kurikulum:
a.         Menjelaskan pengertian kurikulum secara etimologis,
b.         Menjelaskan pengertian kurikulum secara terminologis
Ceramah
Diskusi
Pemberian tugas
Modul
Tugas mandiri
Tes formatif
1, 2, 7
3
Definisi kurikulum
Menguasai beberapa definisi kurikulum dari beberapa pakar kurikulum:
a.         Menyebutkan beberapa definisi kurikulum.
b.         Menjelaskan makna definisi tersebut.
Ceramah
Diskusi
Modul

Tes formatif
1, 7
4
Macam-macam Kurikulum
Mampu memahami macam-macam kurikulum:
a.         Menyebutkan macam-macam kurikulum
b.         Menjelaskan macam-macam kurikulum tersebut
Ceramah
Diskusi
Modul
Contoh dokumen kurikulum
Tes formatif
3, 7
5
Komponen kurikulum
Mampu memahami komponen kurikulum:
a.         Menyebutkan komponen kurikulum
b.         Menjelaskan komponen kurikulum
Ceramah
Diskusi
Modul
Tes formatif
7
6
Penyusunan kurikulum dan pihak-pihak yang terlibat dalam penyusunan kurikulum
Mampu memahami proses penyusunan kurikulum:
a.         Menjelaskan langkah-langkahnya
b.        Menyebutkan pihak-pihak yang terlibat dalam proses penyusunan kurikulum

Ceramah
Diskusi
Modul
Contoh Framework of Curriculum Australia Barat
Tes formatif
2, 7
7
Perkembangan kurikulum di Indonesia
Mampu memahami perkembangan kurikulum di Indonesia:
a.         Menyebutkan kronologi perubahan kurikulum di Indonesia
b.         Menjelaskan perbedaannya
Ceramah
Diskusi
Modul
Buku 50 Tahun Pendidikan di Indonesia
Tes formatif
3
8
UTS
-
-
-
Tes tertulis
-
9
Dari KBK ke KTSP
Mampu memahami perubahan KBK menjadi KTSP:
a.         Menjelaskan kronologi perubahan KBK menjadi KTSP
b.         Menjelaskan hubungan antara KBK dengan KTSPa
Ceramah
Diskusi
Modul
Contoh artikel tentang KBK dan KTSP
Tes formatif
8
10
KTSP: Dokumen I
Mampu memahami dokumen I KTSP:
a.         Menyebutkan sistematika dokumen I KTSP
b.         Menjelaskan isi dokumen I
Ceramah
Diskusi
Tugas mandiri
Modul
Contoh dokumen I
Tes formatif
8
11
KTSP: Dokumen II
Mampu memahami dokulem II KTSP:
a.         Menyebutkan isi dokumen II KTSP
b.         Menjelaskan hubungan antara dokumen I dan dokumen II
Ceramah
Diskusi
Tugas mandiri
Modul
Contoh dokumen II
Tes formatif
8
12
Penyusunan Silabus
Mampu memahami silabus:
a.         Menyebutkan kolom-kolom silabus
b.         Menjelaskan isi kolom-kolom silabus
Kerja mandiri
Kerja kelompok

Modul
Contoh silabus
Tes formatif
8
13
Praktik membuat silabus
Mampu menyusun silabus:
a.         Menjelaskan langkah-langkah dalam menyusun silabus.
b.         Memilih kompetensi dasar dan materi serta mengembangkan menjadi silabus secara lengkap
Kerja mandiri
Kerja kelompok
Modul
Contoh silabus
Tes formatif
8
14
Penyusunan RPP
Mampu memahami RPP:
a.         Menyebutkan sistematika RPP
b.         Menjelaskan sistematikanya
Ceramah
Diskusi
Modul
Contoh RPP
Tes formatif
8
15
Praktik menyusun RPP
Menerapkan RPP dalam proses pembelajaran:
a.         Mempresentasikan RPP di hadapan mahasiswa lain
b.        Menerapkan dalam proses pembelajaran di hadapan (peer teaching)
Kerja kelompok
Kerja mandiri
Modul
Contoh RPP
Tes formatif
8
16
UAS
-
-
-
Tes tertulis
-

















REFERENSI

1.            McNeil, John. 1985. Curriculum, A Comprehensive Introduction. Boston: Little, Brown and Company.
2.            Oemar Hamalik. 1995. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
3.            Suparlan. 2004. Mencerdaskan Kehidupan Bangsa, dari Konsepsi Ke Implentasi. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
4.            Suparlan. 2005. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
5.            Widiastono, Tonny D. Pendidikan Manusia Indonesia. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
6.            Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia II. 1994. Kurikulum Untuk Abad Ke-21. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
7.            Rochman Natawidjaja (Ed). 1979. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum, Alat Peraga, dan Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Depatemen Pendidikan dan Kebudayaan.
8.            Australia Indonesia Basic Education Program. 2007. Bahan Pelatihan Whole School Development (WSD) dan Whole District Development (WDD).


Palabuhanratu,  Oktober 2010
Dosen Mata Kuliah
Ketua Prodi




Ade Ridwan Tabrani                                                                                                                                                H. Herri Azhari, M.Ag

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More